Tips Mengajak Bayi Jalan-jalan Ke Luar Rumah

Kebanyakan bayi yang baru dilahirkan hanya akan berada di dalam rumah bersama orang tuanya. Alasannya adalah demi keamanan si bayi sehingga tidak disarankan untuk keluar ketika usianya masih beberapa minggu. Tetapi sebenarnya mengajak bayi jalan-jalan untuk melihat lingkungan sekitar dan mengenalkan suasana baru kepadanya cukup baik bagi perkembangan si bayi. Karena bayi bisa mengenal banyak hal baru yang tidak ia dapatkan di dalam rumah. Namun, Anda harus tetap berhati-hati saat mengajaknya keluar rumah.

Tips Mengajak Bayi Jalan-jalan Ke Luar Rumah

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mengajak bayi Anda jalan-jalan ke luar rumah:

Perhatikan Pakaian yang Dikenakannya

Umumnya bayi yang berusia kurang dari satu tahun belum mampu mengendalikan suhu tubuhnya. Sehingga apa yang dikenakannya harus bisa membantu mengatur suhu tubuh seperti jika di tempat dingin ia bisa menghangatkan tubuh bayi dan sebaliknya. Oleh karena itu pilihlah baju yang sesuai saat mengajaknya jalan-jalan.

Selain mengenai suhu, bayi yang berusia kurang dari 6 bulan belum mampu menerima pancaran sinar matahari secara langsung. Anda harus menghindarkannya ketika memilih lokasi jalan-jalan dari benda-benda yang memancarkan panas matahari. Apabila Anda mengajaknya berjemur, pastikan bayi Anda mengenakan topi untuk melindunginya dan pakaikanlah baju yang tipis namun adem agar suhu tubuhnya ikut menyesuaikan. Sesuaikan pula pakaian bayi dengan lingkungan yang akan dikunjunginya. Tidak jarang pakaian tebal bisa menjebak suhu dingin di dalam tubuh bayi. Anda bisa memperhatikan suhu tubuh bayi dari tangan dan kakinya.

Perhatikan Cuaca di Luar Rumah

Hal yang terpenting saat mengajak bayi keluar jalan-jalan adalah memperhatikan cuaca. Apabila Anda memutuskan keluar saat cuaca panas, hindarilah barang-barang yang dipakainya seperti kereta dorong terkena sinar matahari terlalu lama. Hal tersebut dapat membuat barang-barang yang berbahan dasar logam akan mudah panas dan bisa membuat badan bayi Anda terbakar. Sebaiknya periksa dahulu barang-barang tersebut sebelum digunakan. Sedangkan ketika cuaca dingin seperti musim hujan, keluar rumah tidak disarankan karena suhu di luar ruangan yang terlalu dingin. Bayi lebih baik berada di dalam ruangan dalam jangka waktu yang lama agar suhu tubuhnya tetap stabil dan ia berada di tempat yang hangat.

Baca Juga  TIPS AMAN TRAVELING DENGAN BAYI

Berikan Tabir Surya Khusus Bayi

Salah satu persiapan dan upaya penjagaan yang bisa Anda lakukan saat ingin mengajak bayi jalan-jalan keluar rumah adalah dengan mengoleskan tabir surya yang khusus untuk anak-anak atau bayi. Jika Anda ragu atau takut bahwa kulit sang bayi adalah kulit yang sensitif, lebih baik cobalah dulu mengoleskan tabir surya tersebut pada kulit bagian punggung. Jika tidak terjadi efek samping seperti kulit memerah atau gatal-gatal maka sunscreen tersebut aman dan bisa Anda aplikasikan ke bagian tubuh lainnya. Disarankan untuk Anda yaitu ketika mengoleskan sunscreen, oleskan ke bagian tubuh bayi yang terkena paparan matahari secara langsung seperti wajah dan punggung tangan. Selain itu, selalu hindari mengoleskannya di dekat mata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *