Tips Mengatasi Stress dengan Mudah

Sehat bukan hanya soal fisik namun juga mental. Tubuh yang sehat dan bugar juga harus ditunjang dengan terhindar dari stress. Biasanya stress muncul karena Anda gagal mencapai sesuatu yang anda harapkan, sehingga muncul penyesalan yang mendalam. Stress juga bisa muncul karena kelelahan akibat melakukan kegiatan yang terlalu padat. Setelah mengalami stress Anda perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi stress agar tidak berlarut-larut.

Tips Mengatasi Stress dengan Mudah

Efek Stress pada Tubuh

Ketika Anda mengalami Stress jantung akan berdegup kencang, napas semakin cepat dan otot siap beraksi. Respon tersebut berguna untuk melindungi tubuh dalam keadaan darurat. Namun apabila stress terus menyerang maka akan berdampak seperti di bawah ini:

  • Muncul berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, sakit perut, imsomnia, dan gula.
  • Gangguan fungsi seksual seperti masalah kesuburan, disfungsi ereksi dan dorongan seks rendah.
  • Gangguan kesehatan seperti sakit kepala, melemahnya sistem kekebalan tubuh dan jantung berdebar.

Cara Menghindari Stress

  • Jangan serakah, iri hati dan dengki. Anda harus bahagia dengan apa yang Anda miliki. Serakah, iri dan dengki tidak akan membuat hidup Anda menjadi lebih baik.
  • Hindari khawatir berlebihan dan perbanyak pikiran positif. Perasaan khawatir akan memicu stress yang berlebihan. Rasa was-was dapat menyedot energi emosional dan membuat tingkat kecemasan meninggi serta mengganggu kehidupan sehari-hari.
  • Berpikir selalu ke depan. Ubah pola piker menjadi cepat move on. Jangan terus terfokus pada hal-hal negatif di masa lalu. Fokuskan pada apa yang ingin Anda raih di masa depan.
  • Hidup santai apa adanya. Berpikir yang tidak-tidak akan menambah tingkat kecemasan. Berpikirlah dengan santai dan apa adanya.

Cara Mengatasi Stress

Ketika Anda mengalami gejala stress, Anda tidak bisa berdiam diri dan membiarkan stress berlarut larut. Berikut merupakan cara yang dapat digunakan untuk mengatasi stress.

  • Istirahat secara teratur. Istirahat di sela-sela bekerja dapat membantu mengatasi stress. Ketika libur luangkan waktu untuk bersenang-senang dan bersantai agar tubuh kembali segar saat bekerja.
  • Jaga pola makan. Mengkonsumsi makanan sehat sangat penting. Makan makanan yang berasal dari bahan-bahan segar dan buah-buahan sangat dianjurkan. Jus yang mengandung vitamin C, seperti jus jeruk atau anggur sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh dan mengatasi stress.
  • Meditasi. Duduk diam selama 10 menit sehari ternyata cukup efektif untuk mengurangi stress. Teknik pernapasan yang baik juga dapat membuat Anda lebih santai karena oksigen mengalir lancar.
  • Rutin olahraga. Setidaknya seminggu sekali lakukan olahraga. Rutin olahraga merupakan cara terbaik untuk mengurangi stress karena olahraga membentuk tubuh untuk menghasilkan endorfin yang membuat tubuh Anda menjadi nyaman. Bergabung dengan klub olahraga juga dapat membantu Anda mengurangi stress karena terjadi kontak dengan orang lain akan memperbaiki mood.
  • Salurkan hobi. Misalnya memelihara hewan peliharaan. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan akan mengurangi tingkat stress.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *