Tips Mengatur Keuangan demi Masa Depan Bagi Generasi Millenial

Mengatur keuangan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Pengelolaan uang yang tepat akan berdampak baik pada masa depan Anda. Bagi generasi millenial kebanyakan belum memahami untuk mempersiapkan keuangan demi masa depan. Seiring dengan berjalannya waktu akan ada banyak hal yang perlu untuk diwujudkan, maka dari itu sangat penting bagi kaum muda untuk mengatur finansial mulai saat ini. Berikut merupakan tips yang dapat diikuti untuk mengatur keuangan demi masa depan.

Tips Mengatur Keuangan demi Masa Depan Bagi Generasi Millenial

Memiliki Tabungan dan Investasi

Tabungan dan investasi akan menjamin keuangan Anda di masa depan. Saat ini sudah banyak jenis tabungan maupun investasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan seperti tabungan berjangka, reksa dana, deposito, saham, dll. Anda harus dapat memilih investasi yang tepat, dengan memahami karakter dari masing-masing investasi. Contohnya jika Anda menginginkan keuntungan yang besar dari dana yang Anda tanamkan dan terjamin pengembaliannya saat terjadi krisis, maka jangan investasi dalam bentuk saham, karena konsekuensi berinvestasi dengan saham akan lebih besar.

Siapkan Dana Pensiun Mulai Dari Sekarang

Meskipun generasi millenial masih terbilang muda, namun penting bagi Anda untuk mulai mempersiapkan dana pensiun mulai sekarang. Anda perlu untuk memenuhi kebutuhan di masa tua, sedangkan Anda tidak mungkin bekerja seumur hidup. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda mulai mempersiapkan dana pensiun. Semakin awal Anda mulai mempersiapkan dana pensiun, maka semakin banyak pula tabungan masa tua yang Anda miliki.

Tentukan Tujuan dan Rencana Keuangan yang Jelas

Dalam mengatur keuangan demi masa depan, harus mempunyai rencana dan tujuan yang jelas. Dengan rencana dan tujuan yang telah ditentukan, akan tercipta proporsi pengeluaran yang tepat. Untuk merancang pengeluaran. Anda dapat menggunakan metode 50 : 20 :30. Artinya dari pemasukan yang Anda miliki, 50 % digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 20 % digunakan untuk tabungan dan investasi, sedangkan 30 % digunakan untuk kebutuhan pribadi lainnya

Siapkan Dana Pendidikan untuk Anak

Setiap orang pasti mendambakan kehadiran anak di masa depan, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak mulai sekarang. Hal ini dikarenakan biaya pendidikan di Indonesia tidak murah dan akan selalu meningkat 6-20% setiap tahun. Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang, akan menjamin pendidikan anak Anda di masa depan. Biaya pendidikan untuk anak dapat berwujud asuransi pendidikan, tabungan pendidikan atau yang lainnya.

Jika Perlu Hutang, Gunakan untuk Hal yang Produktif
Hal yang perlu diingat oleh generasi millenial adalah tidak ada salahnya jika harus berhutang, namun hanya digunakan untuk hal-hal yang produktif bukan konsumtif. Sah-sah saja memiliki hutang baik dari kredit tanpa agunan, kartu kredit atau yang lainnya. Asalkan Anda tetap memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan mencicil untuk membayar hutang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *