Tips Mengolah Makanan Sehat dan Cepat Untuk Sahur

Memasuki bulan suci Ramadan, sudah pasti akan bersiap untuk menu berbuka puasa dan sahur. Inilah rutinitas wajib yang akan dilakukan selama 30 hari, jika berbuka puasa bisa dilakukan dimana saja dengan menu apapun, lain halnya dengan menu sahur. Dimana harus bisa mengolah makanan sehat dan cepat.

Tips Mengolah Makanan Sehat dan Cepat Untuk Sahur

Pasalnya sahur dilakukan sebelum salat subuh, ini berarti harus memasak makanan dengan cepat, namun tidak boleh sembarangan. Makanan yang di konsumsi saat sahur akan sangat berpengaruh di siang hari, apalagi jika harus berada di luar ruangan dalam jangka panjang.

Maka dari itu, harus memperhatikan menu makanan yang akan di konsumsi saat sahur, berikut ini ada beberapa rekomendasi menu cepat dan sehat untuk di makan saat sahur. Ini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit untuk memasaknya.

4 Cara Mengolah Makanan Sehat dan Enak Untuk Sahur

Makanan Beku

Ini adalah menu makanan yang enak dan cepat dalam menyajikannya, jangan bayangkan hanya menu makanan instan seperti sosis atau nugget. Sekarang ini sudah banyak tersedia menu makanan enak dan bergizi yang dibentuk dalam makanan beku, tersedia di supermarket atau bisa membuatnya dalam jumlah banyak sebelumnya.

Cara memasaknya cukup mudah, hanya perlu memanaskan saja. Bisa memilih menu makanan rebusan atau tumis, jika memang kesulitan memanaskan dengan kompor. Bisa langsung masukkan dalam microviwe, ini akan sangat membantu membuat makanan lezat, bergizi dan enak pada saat sahur.

Makanan Kering

Kurang suka dengan menu makanan beku, bisa juga memiliki cara mengolah makanan kering. Ini biasanya makanan yang sering dibawakan ibu untuk anak yang bekerja di luar kota atau jauh dari orang tua.

Makanan kering akan tahan dalam waktu lama, tinggal di simpan dalam tempat kering atau lemari pendingin. Sehingga bisa mendapatkan rasa dan tekstur yang sama, bahkan bisa bertahan hingga 30 hari, tergantung bahan yang digunakan.

Buat Makanan Setelah Tarawih

Khawatir akan bangun kesiangan, kenapa tidak memilih untuk membuat makanan setelah salat tarawih. Ini banyak dilakukan ibu-ibu yang memang sudah lelah jika mengolah makanan di tengah malam, memang cara ini cukup praktis dan tinggal memanaskan saja ketika akan di santap untuk sahur.

Tetapi perhatikan menu makanan yang Anda konsumsi, jangan memasak makanan yang memang kurang bagus jika dipanaskan kembali. Lebih baik pilih bahan makanan mengandung protein tinggi, selain itu juga cara pengolahan jangan menggunakan santan terlalu kental.

Buat Sambal Dalam Jumlah Banyak

Ingin sahur lebih simple lagi, kenapa tidak membuat sambal dalam jumlah banyak. Ini menu makanan yang disukai dan menggugah selera, bisa dipadukan dengan menu makanan apapun bahkan cocok di makan kapan saja. Namun ingat, sahur tidak boleh mengandung makanan yang terlalu pedas, sakit perut akan menyulitkan di siang hari.

Memang ada baiknya mengolah makanan terlebih dahulu untuk sahur, jangan memasak terlalu mendadak karena waktu sahur sangat singkat. Apalagi jika tidak bisa tidur dengan cepat, di bulan puasa ritme tidur akan terganggu karena harus bangun di tengah malam. Untuk itu, persiapkan makanan yang cepat dan tepat untuk sahur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *