Tips Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama dan Terjaga Kualitasnya

Siapa yang tidak mengenal madu?. Cairan kental berwarna kuning kecoklatan yang dihasilkan oleh lebah ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, cairan yang dihasilkan oleh lebah ini dipercaya sebagai obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk kecantikan sudah terbukti sejak dahulu bisa digunakan untuk perawatan kulit yang terbaik. Karena khasiatnya ini tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Bahkan beberapa orang rela untuk membelinya dalam jumlah yang banyak meskipun relatif lebih mahal untuk yang aslinya.

 Tips Menyimpan Madu Asli Agar Tahan Lama dan Terjaga Kualitasnya

Mendapatkan bahan alami yang satu ini memang cukup mudah di pasaran. Namun sayangnya tidak semua produk yang dijual merupakan barang yang asli atau original. Beberapa oknum tidak bertanggung jawab telah mencampurnya dengan bahan yang lain sehingga kemurniannya sudah tidak terjaga lagi berikut dengan khasiatnya. Untuk membedakan antara yang asli dengan yang sudah tidak murni lagi memang cukup membingungkan untuk orang yang masih awam. Untuk yang asli memiliki ciri-ciri bisa bertahan hingga bertahun-tahun dan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak akan hilang. Terlebih jika disimpan dengan baik dan benar.

Agar madu asli bisa bertahan lama dan terjaga kualitasnya, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini tips-tipsnya.

  • Menyimpan di tempat yang tertutup rapat.

Penyimpanan bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Simpanlah pada tempat yang bersih dan tertutup rapat. Tempat yang bisa digunakan bisa berupa botol ataupun wadah-wadah lain yang memiliki tutup. Selain akan membuatnya cairan ini tahan lama, wadah yang tertutup rapat juga akan menjaga kekentalannya dan nutrisinya tetap bertahan. Tempat yang terbuka akan membuat bahan alami ini lebih mudah mencair.

  • Menyimpan di ruangan yang terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Paparan sinar matahari secara langsung akan membuatnya cepat rusak berikut juga nutrisi yang terkandung di dalamnya akan semakin berkurang bahkan hilang. Selain itu juga akan membuat warnanya menjadi hitam dan tidak menarik lagi.

  • Jangan menyimpan di tempat yang berbahan dasar logam.

Usahakan untuk tidak menyimpannya di tempat atau wadah yang terbuat dari logam. Hal ini karena dikhawatirkan akan merusak nutrisinya dan bahkan berubah menjadi racun karena zat kimia berbahaya yang terdapat pada logam menyatu dengan bahan alami yang satu ini. Untuk itu kenapa banyak sekali produk olahan lebah ini kita jumpai dalam wadah plastik atau kaca.

  • Menyimpan dalam wadah yang kering dan bersih.

Ketika menyimpan madu, pastikan tempat yang digunakan dalam keadaan bersih dan kering. Satu tetes air saja akan membuat cairan satu ini menjadi cepat rusak.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *