Tips Merawat Hewan Peliharaan di Rumah dengan Baik dan Benar

Hewan yang biasanya dipelihara di rumah adalah hewan yang jinak dan tidak berbahaya. Contohnya adalah seperti anjing, hamster, kucing, dan hewan jinak lainnya. Namun, meskipun mereka adalah hewan, bukan berarti ketika mereka dipelihara dapat diperlakukan sesuka hati dan dibiarkan begitu saja. Kita punya tanggung jawab untuk menjaga dan merawat mereka dengan baik. Lalu, bagaimana sebaiknya kita merawat hewan di rumah yang benar?

Tips Merawat Hewan Peliharaan di Rumah dengan Baik dan Benar

Memberi makan dan minum hewan peliharaan

Pemberian makan dan minum adalah kewajiban kita dalam merawat hewan peliharaan. Pemberian ini tidak perlu berlebih, untuk menghindari makanan sisa yang terbuang. Konsumsi makanan secara teratur seperti tiga kali dalam sehari lebih baik daripada pemberian secara berlebihan dalam sekali makan. Jangan lupa pula memperhatikan kandungan gizi yang dimiliki makanan hewan peliharaan Anda.

Menyiapkan kandang yang nyaman

Sebelum memutuskan memelihara hewan, sebaiknya kita menyiapkan kandang atau tempat tinggal terlebih dahulu. Kandang dapat menjadi tempat hewan tidur dan beristirahat. Misalnya, jika memelihara ikan, kita bisa menyiapkan kolam atau akuarium yang ukurannya dapat disesuaikan dengan jenis ikan tersebut. Selain itu, kandang merupakan tempat hewan makan, minum, serta memudahkan untuk membuang kotoran.

Memeriksa kesehatan secara rutin

Saat membeli hewan di toko, pastikan terlebih dahulu kondisi mereka sehat. Umur hewan juga mempengaruhi kondisi kesehatan. Disarankan untuk merawat hewan yang berusia setengah dewasa atau tidak terlalu kecil karena mereka memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan hewan yang masih bayi atau kecil. Setelah memeliharanya, ada baiknya juga untuk memeriksakan kesehatan hewan setiap tiga bulan sekali. Untuk langkah preventif, vaksinasi adalah pilihan yang tepat agar terhindar dari penyakit.

Membersihkan kandang hewan

Kondisi kebersihan kandang menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kesehatan hewan peliharaan. Luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala, minimal 2 minggu sekali. Untuk hewan khusus seperti ikan, burung, Anda perlu membersihkan kandangnya setiap seminggu sekali. Membersihkan kandang tergantung pada jenis hewan, jadi Anda bisa menyesuaikan keadaan kandang dalam kategori bersih atau sudah harus dibersihkan.

Ajak bermain

Mengajak hewan jalan-jalan atau sekedar bermain bisa meningkatkan keakraban hewan dengan pemiliknya.  Selain itu, pemilik juga bisa mencurahkan kasih sayang selama bermain. Hal lain yang dipelajari hewan adalah mengenal lingkungan. Misalnya, untuk kucing, kegiatan jalan-jalan dapat melatihnya untuk mengenal jalan pulang jika suatu saat tersesat.

Perawatan khusus

Untuk merawat hewan secara maksimal, periksalah anggota tubuhnya seperti, mata, mulut, telinga, hidung, dan juga lubang pembuangan. Pastikan setiap anggota badannya bersih dan tidak kusam, terutama baunya. Anda bisa memberikan parfum agar fresh dan wangi. Mandikan hewan peliharaan sesekali apabila bulunya kusam dan kotor setelah bermain di luar ruangan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *