Tips Merawat Kulit Sehat dari Luar dan Dalam

Kulit adalah organ terluar dan terluas yang melindungi tubuh. Kulit juga merupakan organ yang turut membantu kestabilan suhu dalam tubuh manusia. Kulit juga membuat Anda dapat merasakan panas, dingin, sakit, serta turut memproses vitamin D dari sinar matahari. Kondisi kulit merefleksikan kesehatan tubuh Anda. Berikut ini ada beberapa tips merawat kulit yang sangat akan membantu Anda mewujudkan kulit sehat dan cantik.

Tips Merawat Kulit Sehat dari Luar dan Dalam

Selain merupakan organ terluas tubuh, kulit juga berperan sebagai tameng tubuh guna melindungi diri dari berbagai elemen yang berupaya masuk ke dalam tubuh. Itulah mengapa kita harus dengan rutin merawat kulit. Bukan hanya untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik, melainkan juga meningkatkan kesehatan tubuh dan rasa percaya diri. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat diri yang praktis dan mudah.

 

  • Minum air putih

 

Air putih merupakan kebutuhan vital tubuh yang tidak bisa dilewatkan. Hal ini karena lebih dari 70% tubuh manusia adalah terdiri dari air untuk mendukung kerja organ-organ tubuh. Dari penelitian University of Missouri-Columbia, juga menunjukkan bahwa konsumsi 500 mililiter air atau setara dengan dua gelas air secara rutin dalam beberapa jam sekali dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Tanpa asupan air yang cukup, kulit akan tampak kering, kusam, dan tidak bercahaya. Ini karena kolagen yang merupakan struktur kulit yang menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit memerlukan air untuk bekerja secara optimal.

 

  • Makan buah dan sayur

 

Selain air, konsumsi buah dan sayuran bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab buah dan sayur terbukti mengandung segudang vitamin, serat, mineral serta antioksidan yang berperan penting bagi kulit. Dilansir dari buku Forget the Facelift: Turn back the Cock with a Revolutionary for Ageless Skin, dinyatakan bahwa kulit yang cantik tidak hanya diperoleh ari perawatan luar tubuh saja, melainkan juga dari dalam tubuh.

 

  • Mandi usai beraktivitas

 

Jika aktivitas sehari-hari Anda padat, terkadang membuat tubuh lelah untuk melakukan aktivitas di rumah. Namun, tetap usahakan untuk menyempatkan diri melakukan rutinitas merawat tubuh, terutama mandi. Anda bisa menggunakan sabun anti bakteri yang mengandung scrubs untuk membersihkan tubuh yang terkontaminasi debu, kotoran, dan polusi.

 

  • Rutin menggunakan lotion

 

Di tahun 2016 ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa udara yang kotor bisa memengaruhi proses penuaan kulit, dan bahkan menimbulkan bintik-bintik cokelat pada kulit. Salah satu cara untuk menyiasati kondisi ini adalah dengan rutin menggunakan body lotion yang memiliki kandungan SPF (Sun Protector Factor).  Kandungan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan polusi dan sengatan matahari. Selain itu, lotion juga memiliki pengaruh pada tingkat kelembaban ulit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *