10 Tips Traveling Ala Backpacker, Hemat dan Murah

Traveling ala backpacker merupakan cara yang bisa dijadikan pilihan menghemat dana pengeluaran, apalagi bagi yang sedang minim budget. Berikut ini adalah beberapa 10 tips traveling ala backpacker yang bisa Anda ikuti:

  • Cari Teman

Tips traveling pertama adalah pergi bersama teman merupakan salah satu cara untuk membagi pengeluaran selama perjalanan. Beberapa pengeluaran yang bisa patungan (dibagi dua) misalnya sewa penginapan, sewa motor dan lain sebagainya.

  • Hubungi Kenalan

Jika memiliki teman di daerah tempat tujuan traveling adalah anugrah bagi traveling ala backpacker. Anda bisa menghubungi mereka untuk mendapatkan jemputan atau mendapat tempat istirahat untuk sementara.

  • Pilih Penginapan Murah

Jika Anda tidak memiliki kenalan, terpaksa harus menginap di penginapan. Cari penginapan yang aman dan murah. Lupakan fasilitas seperti televisi atau kamar mandi air panas, karena yang Anda perlukan hanyalah tidur dan isi ulang beragam peralatan elektronik.

  • Pilih Waktu dan Tempat Makan yang Tepat

Memilih waktu makan selama traveling adalah urusan penting. Misalnya pilih waktu sarapan mendekati jam makan siang sehingga Anda bisa menghemat dana untuk  makan di hari itu. Pilih warung makan sederhana di pinggir jalan.

  • Hindari Traveling di Waktu Weekand

Pada waktu akhir pekan biasanya harga tiket angkutan dan sewa penginapan harganya naik karena jumlah pengunjung lebih banyak dibandingkan hari biasa. Jadi sebaiknya pilih hari untuk traveling hari-hari biasa.

Baca Juga: 3 TIPS LIBURAN BERSAMA BUAH HATI YANG MASIH BALITA

  • Mencari Informasi

Melakukan pencarian informasi sebelum menuju lokasi merupakan planning yang harus Anda lakukan karena selain mendapatkan rancangan kegiatan, Anda bisa mendapatkan gambaran dana yang harus dikeluarkan.

  • Catat Pengeluaran

Bawa buku catatan untuk mencatat jenis pengeluaran apa saja yang sudah dikeluarkan. Tujuannya untuk mengetahui apakah Anda sudah bisa berhemat atau tidak dan jenis pengeluaran apa saja yang paling banyak. Suatu saat catatan tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi jika Anda akan melakukan kegiatan traveling lagi.

  • Bawa Makanan dan Minuman Sendiri

Selain bersih dan sehat, membawa makanan sendiri menghindari Anda beli makanan di luar yang harganya mahal. Misalnya membawa botol minum sendiri bisa lebih hemat karena Anda bisa isi ulang air selama perjalanan.

  • Tidak Menggunakan Jasa Agen Wisata

Traveling ala backpacker tidak perlu menggunakan agen wisata. Walaupun agen wisata bisa mempermudah dalam urusan traveling, namun biaya yang dikeluarkan lumayan besar. Itulah sebabnya mengapa traveling ala backpacker harus bisa membuat dan mengatur perjalanan sendiri karena Anda sendirilah yang mengatur semuanya. Jalan-Jalan tanpa menggunakan jasa agen wisata lebih bebas dan leluasa melakukan aktivitas dan memilih tempat wisata yang dituju.

  • Belanja Seperlunya

Tips traveling bagi yang minim budget terakhir adalah bagaimana bijak berbelanja. Belanja adalah salah satu kegiatan yang menguras dana. Namun jika budget cukup Anda bisa melakukan kegiatan belanja di akhir perjalanan untuk membeli oleh-oleh.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *