12 Tips Jitu Mendapatkan Informasi Terkini Lewat Google

Cara paling mudah mendapatkan informasi terkini soal topik atau tema tertentu adalah memanfaatkan mesin pencari, seperti google. Tetapi kadang hasil pencarian ternyata belum sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut ini tips jitu mendapatkn informasi terkini lewat google yang layak Anda coba.

Gunakan Frase Eksplisit

Agar pencarian dapat memberikan hasil yang lebih relevan, ada baiknya Anda mengetikkan kaca kunci dalam tanpa kutip ganda. Dengan cara ini, mesin pencari akan mencari artikel atau sumber yang benar-benar berisi frasa yang Anda cari secara lengkap.

Definisi Kata

Untuk pencarian terhadap definisi atau arti suata kata atau frasa, Anda hanya perlu mengetikkan arti: frase/kata atau kalau mau dalam bahasa Inggris define: frase/kata (dalam bahasa inggris). Dengan cara ini, makan akan muncul definisi kata yang Anda minta.

Mencari dokumen dengan type file tertentu

Untuk mencari file / dokumen dengan ekstensi tertentu, Anda bisa menambahkan perintah filetype:xx di akhir kata kunci yang Anda tuliskan. Contohnya tax amnesty indonesia filetype:ppt, untuk pencarian dengan kata kunci tax amnesty indonesia dengan jenis file ppt.

Menggunakan Kalkulator

Untuk memanfaatkn fasilitas kalkulator, Anda tidak perlu melakukan download atau mencari software kalkulator. Anda tinggal mengetikkan saja operasi matematika di kolom pencarian google. Maka google akan menampilkan hasilnya berikut operasi kalkulator lainnya

Cuaca dan Ramalan Cuaca

Untuk mengetahui ramalan atau perkiraan cuaca suatu wilayah, Anda hanya perlu menuliskan nama kota diikuti dengan weather atau forecast (weather = cuaca,  forecast = ramalan / prakiraan cuaca) saja. Maka secara otomatis google akan menampilkan cuaca atau ramalan cuaca di daerah yang diminta.

Jadwal Penerbangan

Hampir sama dengan ramalan cuaca, untuk mendapatkan jadwal penerbangan Anda juga hanya perlu mengetikkan daerah asal diikuti dengan daerah tujuan. Google secara otomatis akan mencarikan untuk Anda, jadwal yang diminta.

Kecualikan Kata Tertentu

Jika anda ingin mencari informasi tertentu tetapi ingin mengesampingkan sejumlah kata, Anda hanya perlu menambahkan tanda minus (-) di depan kata yang ingin dikecualikan.

Kata-kata dalam teks 

Cara ini dapat Anda lakukan jika ingin mencari halaman web yang mengandung kata-kata tertentu. Maka Anda hanya perlu mengetik allintext:  diikuti oleh kata atau frase yang ingin dicari.

Kata-kata dalam teks + Judul, URL dll

Jika Anda ingin mencari halaman web dengan satu istilah muncul dalam teks halaman tersebut dan istilah lain muncul di tempat lain pada halaman tersebut, seperti judul atau UR, maka cukup ketik istilah pertama diikuti oleh intext: kemudian diikuti dengan istilah lain.

Kata-kata dalam Judul Artikel

Jika Anda ingin mencari halaman web dengan kata-kata tertentu yang ada dalam judul artikel tanpa mengesampingkan satu sama lain, maka anda perlu mengetik allintitle: diikuti oleh kata atau frase yang diinginkan.

Mencari kata/istilah tertentu dalam sebuah website tertentu

Bagi Anda yang sudah punya tujuan website mana yang ingin dikunjungi dan ingin mencari kata atau istilah tertentu, maka cara ini dilakukan dengan mengetik alamat site yang anda tuju diikuti “kata/istilah yang didinginkan”

Pencarian terkait

Untuk mencari situs lain dengan isi yang serupa/mirip dengan situs tertentu, dapat gunakan related:xxxx.com

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *