3 Tips Olahraga Untuk Pemula Dalam Mengangkat Barbel

Tips olahraga —- Sebagian masyarakat sering mengalami kesalahan dasar dalam mengangkat barbel ringan ataupun berat. Seperti gampang lelah dan kadang bagian tubuh tertentu terasa sakti. Hal ini sebenarnya wajar-wajar saja, dikarenakan biasanya ada panduan dasar yang belum dikuasai mereka dalam mengangkat barbel yang tepat. Mengangkat barbel yang tepat dan benar, butuh latihan yang maksimal, persiapan yang matang dan kefokusan.

Di bawah ini, kami akan bagikan tips olahraga untuk pemula dalam mengangkat barbel. Yang bisa Anda jadikan pedoman belajar mengangkat barbel yang tepat. Simak ulasannya sebagai berikut.

  • Terlebih dahulu angkat beban intern.

Sebelum kita harus menguji kedua tangan kita. Untuk melihat seberapa kuat tangan Anda menggerak-gerakan? Yang pasti, semakin cepat gerakan tangan bisa jadi semakin kuat otot tangan dalam mengangkat beban tangan. Prinsip kecepatan harus diperhatikan apabila ada gerakan-gerakan itu.

Kita juga harus menguji dengan menggunakan teknik diam. Ketika ada beban dengan posisi tangan tertentu, maka lakukanlah teknik diam. Kita harus bertahan dalam jangka waktu sekuat otot kita menahan dalam diam

Dalam menguatkan otot bagian tangan, kita sudah sepakat bahwa membentuk otot berarti menguatkan otot seluruh tubuh. Sehingga cara dalam mengangkat beban tangan tentu harus dalam posisi menguatkan otot tubuh lain.

Memang angkat beban tangan bisa dalam posisi duduk namun posisi duduk tidak menguatkan otot kaki. Sehingga cara duduk tidak cocok bila masih pemula. Cara duduk juga bisa terlalu membebani paru-paru karena semua tekanan tertuju pada tulang belakang kita. Tentu cara yang efektif adalah dengan berdiri.

Lakukan angkat beban intern dengan cara apa saja sampai kondisi pernafasan dalam kondisi siap angkat barbel yang memiliki beban yang berat. Karena angkat beban intern fokus utamanya adalah pernafasan.

Baca Juga: Tips Olahraga untuk Tetap Menjaga Kesehatan Tulang

  • Angkat beban ekstern alias barben.

Dalam hal cara, angkat beban ekstern dengan angkat beban intern sama saja prinsipnya. Bila menggunakan gerakan maka harus dengan kecepatan agar tidak terlalu membenani pernafasan. Otomatis bisa menyesuaikan berat barbel. Bila ingin gerakan lambat, lebih baik tanpa gerakan sama sekali. Biasanya tanpa gerakan untuk beban berat yang tidak mungkin disertai gerakan.

Dalam hal posisi juga harus diperhatikan. Sekiranya posisi berfokus pada kenyamanan pernafasan kita. Cara posisi duduk apalagi dengan posisi berbaring belum cocok untuk pemula yang baru memulai angkat beban karena terlalu membebani pernafasan.

Kenapa berfokus pada kenyamanan pernafasan dalam angkat barbel? Karena ketika saya memulai angkat beban, saya melakukan hal yang membenani pernafasan sampai akhirnya kondisi badan saya drop dan otot mengalami masalah. Kondisi pernafasan harus lancar keluar-masuk walau sedang mengangkat beban berat.

  • Diimbangi dengan olahraga fokus pernafasan

Tips Olahraga fokus pernafasan bisa dilakukan dengan senam, jalan cepat, joging dan lainnya. Olahraga tersebut untuk mengembangkan paru-paru Anda biar lebih baik. Karena selama dalam proses angkat beban, paru-paru sedikitnya mengalami tekanan ektern sehingga butuh pengembangan untuk penyegaran.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *