4 Tips Wisata Hemat dan Asyik Ala Backpacker yang Perlu Anda Coba

Traveling merupakan salah satu kegiatan yang saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus Anda lakukan saat ada waktu luang di luar pekerjaan Anda. Hal ini dikarenakan, traveling dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepenatan dan stress yang melanda akibat rutinitas sehari-hari yang monoton. Namun sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa traveling merupakan salah satu kegiatan pemborosan karena memerlukan biaya yang tidak sedikit. Padahal dengan 4 tips wisata ala backpacker di bawah ini akan membuat kegiatan traveling Anda tetap hemat dan asyik:

  • Tips pertama.

Jika Anda memiliki budget (anggaran) yang terbatas, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengambil destinasi traveling yang mudah dijangkau secara jarak dan tidak menguras isi dompet Anda. Anda tidak perlu berlibur ke luar negeri, justru sebaliknya, ada banyak destinasi wisata di Indonesia yang siap memanjakan Anda dengan beragam obyek wisata mulai dari Bali, Yogyakarta, Bandung, Lombok, Bangka-Belitung, Pulau Derawan hingga Raja Ampat.

  • Tips kedua.

Tips wisata hemat dan asyik ala backpacker yang kedua ini berkaitan dengan akomodasi traveling Anda. Yang pertama, jangan malas untuk berburu promo tiket pesawat pada situs maupun aplikasi travel agent yang Anda ikuti. Sebab, dengan cara tersebut, Anda bisa menghemat biaya perjalanan setidaknya hingga 10-30%. Selain itu, jangan malu menggunakan transportasi umum seperti angkot, bus atau kereta saat berada di kota tujuan Anda berlibur, tak perlu harus menyewa mobil. Selain itu, mencari penginapan murah seperti homestay atau losmen juga wajib hukumnya jika budget Anda terbatas.

  • Tips ketiga.

Masih berkaitan dengan akomodasi Anda selama traveling, perlu Anda ingat bahwa untuk keperluan makan dan minum biasanya cukup menguras isi kantong. Jika memungkinkan, pilihlah penginapan yang menawarkan sarapan gratis meski hanya sepotong roti dan secangkir teh atau kopi. Siasati juga dengan membawa botol minum kemana saja Anda pergi dan membawa perbekalan makanan kering seperti kue dan snack yang dibeli di minimarket atau warung tradisional saat ke lokasi obyek wisata.

  • Tips keempat.

Yang terakhir dan sering terlupakan saat traveling adalah dengan mempelajari bahasa setempat. Tips wisata satu ini bertujuan agar memudahkan Anda bertanya mengenai lokasi obyek wisata maupun agar bisa memperoleh cinderamata maupun oleh-oleh dengan harga yang murah. Beberapa penjual di pasar tradisional tidak semuanya bisa berbahasa Indonesia, alangkah lebih mudah jika tawar menawar dilakukan dalam bahasa lokal sehingga penjual akan merasa senang dan segan pada Anda, tak menutup kemungkinan jika Anda akan mendapat harga khusus dari mereka.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *