4 Tips Wisata Ke Gunung Yang Bisa Membuat Liburan Menjadi Lebih Menyenangkan

Ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghabiskan waktu liburan, bisa ke pantai, gunung, pedesaan atau perkotaan. Semuanya membutuhkan persiapan agar liburan menjadi nyaman dan menyenangkan. Jika kurang persiapan malah membuatmu repot selama perjalanan dan di tempat tujuan. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai tips wisata ke gunung.

  • Perencanaan

Tips wisata ke gunung adalah membuat perencanaan yang matang. Pertama adalah menentukan waktu kapan perginya. Usahakan pergi saat musim kemarau, selain bisa menikmati hangatnya sinar matahari pergi ke gunung saat kemarau akan terhindar dari jalan licin. Selain waktu buat rencana perihal akomodasi yang akan digunakan. Sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari jika perjalanannya harus menggunakan pesawat. Hal tersebut dilakukan untuk antisipasi mendapatkan tiket lebih murah.

Jangan lupa cari informasi seputar gunung tempat Anda akan menghabiskan liburan, mulai dari transportasi menuju ke sana, fasilitas yang ada dsb. Jika alat transportasi menuju ke gunung menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisi mesinnya oke. Jadi, sebelumnya periksa dan service terlebih dulu kendaraan Anda. Usahakan bensin dalam keadaan sudah terisi penuh.

  • Siapkan Uang Tunai

Menghabiskan waktu di gunung, lebih tepat membawa uang tunai. Karena di gunung Anda tidak akan menemukan mesin ATM. Pastikan uang disimpan di tempat yang aman.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Di Bandung

  • Persiapkan Fisik

Walaupun hanya jalan-jalan, mempersiapkan fisik harus dilakukan. Apalagi udara gunung cenderung dingin, jalannya menanjak dan bisa jadi menuju lokasi harus ditempuh dengan jalan kaki yang lumayan jauh. Nah, biar proses jalan-jalannya mengasikkan persiapkan jauh-jauh hari untuk melakukan olahraga ringan agar saat liburan tiba, fisik Anda sudah siap.

  • Perlengkapan Pribadi

Kemanapun tujuan liburan Anda, perlengkapan pribadi wajib dibawa. Berikut ini beberapa perlengkapan yang harus dibawa saat berlibur ke gunung:

  • Baju hangat (jaket) yang tebal atau sweater. Lengkapi dengan syal untuk melindungi leher, kaos kaki, sarung tangan dan kupluk untuk menutup kepala agar lebih hangat.
  • Gunakan celana panjang yang tebal dan kaos yang mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu siapkan beberapa kaos dan celana untuk berjaga-jaga jika baju dan celana yang digunakan kotor atau basah.
  • Menggunakan sepatu akan membuat perjalanan ke gunung lebih mudah. Sepatu bisa melindungi kaki dari udara dingin, selain itu karena lebih kuat dibandingkan sandal, sepatu akan melindungi Anda dari cidera.
  • Obat-obatan pribadi atau kotak P3K merupakan perlengkapan penting yang harus dibawa. Seperti: betadine/ obat merah, kapas, perban, minyak kayu putih dsb.
  • Makanan ringan dan minuman bisa menjaga perut tetap kenyang.
  • Lampu senter berguna jika perjalanan menuju lokasi wisata gunung dilakukan saat malam hari.

Itulah tips wisata ke gunung yang harus dipersiapkan. Perlu Anda ketahui, perencanaan yang matang merupakan kunci perjalanan yang sangat menyenangkan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *