5 Tips Menulis agar Menjadi Viral di Dunia Online

Selain mendapatkan penghasilan, menulis di dunia online baru akan mendapatkan kepuasan jika tulisannya menjadi viral. Tulisan itu dibaca, dibagikan serta menjadi perbincangan banyak orang. Tulisan yang menjadi viral tentu bukan tulisan biasa saja. berikut ini  5 Tips Menulis agar menjadi viral di dunia online yang wajib Anda coba sendiri.

Hindari Copy Paste

Suatu tulisan dikatakan unik jika berbeda dari tulisan lainnya dan memiliki ‘isi’ yang menjanjikan. Jadi, hindari menyalin isi kontan orang lain ke dalam postingan Anda. Alih-alih mendapatkan tulisan yang bagus, tindakan ini justru akan merugikan Anda sendiri. Tulisan yang berasal dari copy paste akan dikenal oleh mesin pencari sebagai bentuk plagiarisme. Hal ini bisa memperburuk nilai SEO blog atau web Anda. Jadi, kemungkinan tulisan Anda menjadi viral pun semakin kecil.

Hindari Menulis Berita HOAX

Semakin kontroversial sebuah berita akan semakin menarik perhatian netizen serta pengguna internet. Tetapi, hati-hati jangan sampai tergoda menuliskan berita bohong atau belum jelas kebenarannya. Selain merugikan orang lain, berita bohong juga akan merugikan Anda sendiri. Reputasi blog atau website Anda akan buruk di dunia maya karena berita bohong tersebut.

Pilihlah headline yang menarik perhatian

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menarik perhatian pembaca adalah membuat headline yang menarik. Tidak jarang, pembaca hanya melakukan pembacaan singat dan cepat tanpa mengeklik tautan yang ada satu per satu. Secara alami, otak manusia akan memilih tulisan yang menarik perhatian. Karena itu, pastikan headline tulisan Anda harus menarik serta mampu membuat pembaca mengeklik tulisan Anda.

Lengkapi Tulisan dengan Gambar, video, daftar-daftar dan infografis

Tulisan yang dilengkapo dengan gambar atau video ternyata lebih menarik perhatian pembaca dibanding tanpa gambar sama sekali. Gambar yang disisipkan pada tulisan hendaknya merupakan bagian dari tulisan serta membuat tulisan menjadi lebih kuat. Selain gambar dan video, konten yang di dalamnya terdapat daftar dan infografis juga memiliki jumlah share yang lebih tinggi. Karena keberadaan gambar atau infografis ini memudahkan pembaca untuk memahami isi tulisan.

Perhatikan Jumlah Karakter Tulisan

Tulisan dengan jumlah karakter yang lebih sedikit lebih diminati dibanding tulisan dengan jumlah karakter terlalu banyak. Hal ini dikarekanakan konsumen saat ini lebih banyak mengakses internet lewat ponsel mereka. Kuncinya dengan membuat tulisan dengan konsep dan bahasa yang sebaik mungkin agar pembaca lebih mudah memahami maksud tulisan Anda. Kalau perlu, dapat digunakan juga subheadline atau bullet list untuk memudahkan pembca mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan ringkas dan berkualitas.

Demikian tadi beberapa tips sederhana agar tulisan yang Anda buat bisa menjadi viral di dunia online. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *