5 Tips Travel dengan Pesawat Bersama Anak Kecil

Melakukan perjalanan jarak jauh atau travel bersama anak kecil memang tidak mudah. Seringkali orang akan menghindari duduk bersebelahan dengan orang tua yang membawa anak kecil, karena khawatir mereka rewel dan menangis. Begitupula dengan orang tua yang terpaksa membawa anak kecil mereka melakukan perjalanan jauh dengan pesawat. Ada rasa tertekan tersendiri yang biasa dialami. Ada rasa tidak nyaman pada sesama penumpang jika mereka terganggu oleh ulah anak kita. Lalu, bagaimanya tips travel dengan pesawat bersama anak kecil? Cek tips berikut ini.

Naik Lebih Dulu

Saat Anda akan melakukan perjalanan panjang naik pesawat dan sudah dipanggil masuk, maka biarkan pasangan Anda atau Anda sendiri saja yang naik pesawat lebih dulu. Usahakan sambil membawa tas, stroller dan peralatan lainnya. Anda juga bisa membawa anak yang lebih besar masuk duluan.

Informasikan pada Pramugari

Anda atau pasangan yang tadi naik lebih dulu sebaiknya menyiapkan tempat duduk dan memberitahukan pramugari serta minta seatbealt khusus bayi. Selain itu, Anda juga bisa minta pada pramugari agar mengisikan air hangat atau suam ke botol susu yang Anda bawa. Kalau perlu, minta untuk buatkan susu lebih dulu.

Naik Bersama Bayi

Anda atau pasangan bersama bayi, naik yang terakhir ke dalam pesawat setelah semua penumpang lain masuk. Hal ini bisa membantu bayi menjadi lebih nyaman, karena dia tidak perlu melihat suasana kacau saat orang lain sibuk mencari tempat duduk atau menyimpan tas mereka.

Berikan Kenyamanan pada Bayi

Saat menunggu pesawat lepas landas, suasana kadang panas. Ini juga bisa membuat bayi kurang nyaman. Tetapi, jika Anda bersama bayi masuk terakhir, suasana dalam pesawat sudah lebih sejuk, sehingga bisa menghindarkan bayi dari rasa tidak nyaman dan rewel.

Berikan Susu pada Bayi

Apabila telah masuk dan duduk, maka pakaikan seatbealt khusus untuk bayi. Langkah berikutnya adalah memberikan susu kepada bayi, yang telah dipersiapkan tadi oleh pasangan yang telah naik lebih dulu. Dengan begini, bayi akan lebih merasa nyaman karena tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi.

Selain lima tips travel tadi, Anda juga harus tahu benar kebiasaan bayi Anda dan bagaimana cara mengatasinya. Apabila bayi menangis maka Anda harus sigap mencari cara untuk menenangkannya. Usahakan Anda juga tenang saat menghadapi bayi yang rewel. Karena jika Anda tidak tenang, situasi bisa menjadi lebih buruk dan bayi juga sulit ditenangkan. Jika bayi sudah tenang, kembalilah ke tempat duduk Anda. Usahakan minta izin dan minta pengertian dari penumpang sebelah soal kondisi Anda. Hal ini memang tidak mudah, mengingat perjalanan panjang biasanya orang butuh situasi nyaman dan tenang untuk beristirahat. Karena itulah, sebelum melakukan perjalanan panjang bersama bayi di pesawat, Anda harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *