7 Tips Liburan Hemat Tetap Menyenangkan

Liburan bukan sekedar menghambur-hamburkan uang, namun bisa menjadi moment untuk menenangkan pikiran dan waktu membebaskan diri dari kepenatan dan rutinitas sehari-hari. Tidak sedikit orang yang beranggapan untuk medapatkan liburan yang luar biasa harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Padahal liburan tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Berikut ini tips liburan hemat namun bisa menjadi liburan yang paling menyenangkan.

 

  • Lakukan Survay

 

Pertama-tama adalah lakukan survay terlebih dahulu tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Caranya, tidak perlu datang ke lokasi, cukup dengan mencari informasi melalui internet kamu sudah bisa menemukan berbagai info destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

  • Cari Tahu Biaya Transportasi

 

Menghabiskan liburan tidak selalu harus ke luar negeri atau luar kota, coba browsing tempat wisata yang ada di kota atau daerah yang tidak jauh dari tempat tinggal. Dengan demikian kamu bisa lebih menghemat biaya transportasi. Tapi jika ingin ke luar kota, coba cari informasi tiket pesawat atau transportasi lainnya. cari informasi berapa harganya dan apakah ada diskon atau tidak.

 

  • Buat Daftar Pengeluaran

 

Buat daftar biaya pengeluaran, mulai dari transportasi pulang pergi, penginapan, makan sampai oleh-oleh. Pastikan uang yang dialokasikan untuk liburan cukup.

 

  • Waktu Yang Tepat

 

Pemilihan waktu berlibur mempengaruhi biaya pengeluaran. Yang umum adalah harga pesawat dan biaya penginapan. Pada waktu liburan biasanya harga tiket pesawat dan penginapan lebih mahal dibanding dengan hari biasa. Agar lebih menghemat biaya pengeluaran, sebaiknya pesan terlebih dulu tiket pesawat jauh hari atau pesan pada waktu agensi pesawat membuat promo. Biasanya agensi pesawat suka memberikan promo tiket pada waktu-waktu tertentu.

 

  • Cari Penginapan Sesuai Baget

 

Cari daftar hotel yang harganya sesuai dengan budget. Jangan lupa tanyakan apa saja fasilitasnya. Umumnya hotel memberikan fasilitas makan pagi gratis, nah lumayan untuk menghemat biaya sarapan.

 

  • Cermat Memilih Tempat Wisata

 

Jika ingin liburan kamu berkesan, tips liburan yang satu ini sangat menentukan yaitu pemilihan tempat wisata yang tepat. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang unik dengan ciri khasnya sendiri. Misalnya: tempat wisata yang menawarkan air panas dan pemandangan alamnya yang masih asri sangat cocok dijadikan tempat menghilangkan penat. Jangan sampai tempat liburan yang Anda pilih tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

  • Membeli Oleh-Oleh

 

Pulang liburan tanpa bawa oleh-oleh rasanya ada yang kurang. Jika kamu cari oleh-oleh yang harganya murah, sebaiknya langsung beli ke pembuatnya. Beli oleh-oleh di toko biasanya harganya lebih mahal dibandingkan jika kamu beli langsung ke pembuatnya. Untuk mengetahui tempat pembuatannya, kamu bisa tanya ke masyarakat atau penduduk setempat.

Itulah beberapa tips liburan hemat yang bisa kamu coba aplikasikan. Walaupun liburan murah, namun tetap harus mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *