Beberapa Mainan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Saat Ini!

Bermain merupakan sesuatu yang paling disukai oleh anak-anak. Tak jarang mereka tidak bosan menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk aktivitas yang satu ini. Mayoritas mainan anak-anak jaman sekarang lebih dominan dengan menggunakan gadget yang hanya tinggal sentuh untuk mengunduh permainan melalui sebuah aplikasi. Sehingga tidak heran jika anak zaman sekarang kurang mengetahui berbagai mainan tradisional yang sering dimainkan anak-anak pada zaman dulu.

Beberapa Mainan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Saat Ini! 

Meskipun banyak bertebaran mainan modern yang mampu menarik minat anak-anak, nyatanya mainan jenis tradisional masih cukup diminati dan bisa kita jumpai di kalangan masyarakat. Dibandingkan dengan mainan modern, mereka lebih menikmati serunya bermain dengan mainan yang masih terbilang sangat sederhana tersebut. Rata-rata mereka memainkannya bersama dengan teman-teman di luar rumah sehingga tak heran jika mainan yang belum modern ini mampu mendorong anak-anak untuk berbaur dengan teman-temannya yang lain. 

Mainan tradisional memang masih cukup diminati dan eksis sampai saat ini. Beberapa diantaranya mungkin sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut.

  • Congklak atau dakon.

Congklak atau dakon dulunya merupakan jenis mainan yang sering dilakukan oleh anak-anak perempuan. Meskipun terbilang tradisional, mainan congklak masih bisa kita temukan di kalangan masyarakat. Bahkan Anda bisa mendapatkan set alat permainan congklak jika berkunjung di toko mainan maupun pasar tradisional.

  • Yoyo.

Mainan yang terbuat dari kayu dan berbentuk bundar ini sangat diminati oleh anak laki-laki. Di era yang modern ini, yoyo telah dimodifikasi kembali dari bahan plastik dan dapat dimainkan dengan cara yang unik. Meskipun masih terbilang tradisional, mainan yang satu ini juga masih tetap eksis dan bisa dijumpai di masyarakat. Tidak hanya dimainkan oleh anak laki-laki saja, yoyo kini juga banyak dimainkan oleh kalangan anak perempuan.

  • Gasing.

Jenis mainan yang masih terbilang tradisional ini memiliki bahan yang hampir sama dengan yoyo namun dengan bentuk yang berbeda. Gasing yang masih tradisional dibuat dari bahan kayu dengan bisa menghasilkan suara. Suara tersebut bisa dihasilkan karena adanya lubang yang sengaja dibuat hingga kopong. Sehingga ketika gasing berputar menimbulkan angin yang masuk dan keluar melalui lubang tersebut dan keluarlah suara unik pada gasing tersebut. Cara memainkan gasing cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menggulungkan tali pada ujung gasing yang sedikit lancip. Setelah itu lempar gasing dan tarik kembali.

  • Perahu othok-othok.

Mainan tradisional yang satu ini sering kita jumpai saat pergi ke pasar malam. Dinamakan perahu othok-othok karena saat perahu berjalan akan mengeluarkan suara othok-othok. Perahu othok-othok digerakkan oleh kapas yang dicelupkan ke minyak jelantah yang sudah diberi api dan dimasukkan ke dalam perahu. Perahu tersebut lantas dimainkan di atas air yang ditaruh di dalam baskom.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *