Belajar Menulis Dengan Aplikasi Online Wattpad

Saat dunia tulis-menulis mulai berkembang pesat di era modern, penerbit maupun para penulis memberikan pilihan-pilihan tulisan yang lebih luas untuk para pembaca. berbeda dengan halnya teknologi, dunia buku-buku fiksi lebih menawarkan kisah-kisah klasik dengan sistem kebaruan yang lebih unik. Banyak para penulis pemula ataupun pecinta literasi yang kebingungan ketika hendak memulai berkarya. Ada beberapa hal penting yang dibutuhkan oleh seorang pelaku literasi, diantaranya waktu, kesempatan, dan momen ketika ini menentukan mood seseorang dalam melakukan kegiatan menulis fiksi. Hal-hal lain seperti pembaca dan peluang dibangun oleh kritik yang dihadirkan oleh pereview tulisan. Orang yang melakukan penilaian ini di dunia penerbitan buku disebut Editor. Sebelum menuju Editor, mereka akan menghadapi pihak menajemen yang berfungsi sebagai penilai peluang buku untuk kemajuan perusahaan. Penulis yang menyerahkan bukunya kepada penerbit mayor harus melalui tahap penilaian manajemen, buku ini akan diberi penilaian mengenai kelayakan untuk diterima dan laku terjual dipublik, ini dinamakan dengan peluang pasar. Tahap yang dilakukan oleh manajemen maupun editor berbentuk evaluasi. Namun apakah semua penulis siap menghadapi mereka yang berdiri sebagai juri penerbitan ini. Dapat dikatakan banyak orang yang merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Itulah sisi positif zaman sekarang, banyak inovator yang peduli dengan dunia menulis menciptakan aplikasi-aplikasi keren seperti Wattpad. Wattpad merupakan aplikasi online yang digunakan oleh seluruh penulis maupun pembaca. tulisan di Wattpad juga cukup lengkap, di Indonesia banyak anak muda menulis fan-fiction, romance, hingga bagian dengan pembaca profesional berupa artikel. Keuntungan di Wattpad ialah semua disediakan secara gratis.

Selain gratis setiap penulis pemula berpeluang menjadi profesional dengan dibangun oleh kritikan pembaca (viewer), banyak juga penerbit yang memantau penulis-penulis Wattpad. Ini seiring dengan semakin populernya aplikasi online ini.

Baca Juga:APLIKASI UNTUK BISNIS INTERNET ONLINE YANG MEMBANTU PENJUALAN

Fasilitas yang dapat digunakan oleh penulis dan pembaca Wattpad ialah, diantaranya:
1. Vote, berfungsi untuk memberikan rating sebagai ganti nilai sebuah tulisan, ini tentu sesai dengan presepsi yang didapatkan sebagai efek membaca suatu karya.

  1. Comment, mengomentari secara langsung atau dikomentari adalah hal yang paling disukai penulis dikarenakan ini dapat membangun mental serta dapat membaca keinginan pasar sekaligus.
  2. Ada juga share, library untuk menyimpan koleksi buku
  3. sistem follow juga diterapkan di Wattapad agar mengetahui update tulisan terbaru seorang penulis.

Diatas fasilitas yang ditawarkan Wattpad juga terdapat menu status, chat, dan lainnya. Namun seperti layaknya aplikasi online, tulisan di Wattpad seolah sangat mudah diambil ide ceritanya. Sehingga sisi originalitas sedikit terganggu oleh orang-orang yang merusak kecerian dunia kepenulisan. Wattpad hadir sebagai wahana pembelajaran, penilaian, serta pengembang untuk memaksimalkan suatu potensi dan bakat yang dimiliki seseorang. Wattpad mengajak dan memberi pengalaman bahwa menulis perlu belajar dan kritikan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *