Berita Internet Seputar Cyber Crime Yang Perlu Anda Ketahu

Saat ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Bahkan teknologi ini bisa membuat ketergantungan. Tidak dapat dipungkiri, hal tersebut karena internet memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi, hiburan, pendidikan dan berita internet lainnya.

Banyaknya pengguna internet hampir di segala bidang kehidupan manusia, membuat banyak orang mengkhawatirkan keamanannya. Berikut ini kami akan berbagai informasi mengenai tips aman menggunakan internet.

Cyber Crime

Dari semua pengguna internet tentu tidak semuanya memiliki tujuan dan niat yang baik. Ada juga pihak-pihak yang memanfaatkan internet untuk tujuan yang tidak baik. Salah satunya adalah tindakan cyber crime. Tindakan tersebut merupakan tindak kejahatan yang dilakukan melalui dunia maya. Ada beberapa jenis tindakan cyber crime yang sering terjadi di dunia maya, yaitu:

  • Phising, yaitu tindakan mengambil informasi orang lain dengan cara menyamar menjadi sesorang atau organisasi yang terpercaya. Biasanya tindakan ini dilakukan melalui email atau web palsu yang membuat orang lain tertipu dan memberikan identitas mereka.
  • Cyber Bullying, yaitu tindakan kekerasan yang dialami di dunia internet. Kekerasan di dunia internet tidak hanya sebatas ancaman saja namun bisa tindakan yang berbahaya, seperti: menggugah foto yang bisa mempermalukan korban, mengolok-olok di media sosial. Motivasi melakukan tindakan kejahatan tersebut beragam, ada yang karena frustasi, kurang perhatian atau hanya untuk iseng.
  • Pencurian Identitas, tindakan kejahatan ini merupakan tahap selanjutnya dari phising. Setelah mendapatkan identitas korban, pelaku menggunakan identitas tersebut untuk melakukan kejahatan, misalnya: untuk transaksi pembelian menggunakan kartu kredit, menguras tabungan atau bahkan menggunakan identitas korban untuk mencari korban lain.

Tips Internet Aman

Lalu bagaimana caranya agar kegiatan di dunia internet aman dan bagaimana caranya menghindari tindakan cyber crime? Semakin mudahnya mendapatkan akses internet online sebaiknya tetap bijak mengelola data dan selalu hati-hati. Misalnya sebelum membeli menggunakan kartu kredit, booking hotel atau pesawat. Berikut tips internet aman yang bisa mencegah cyber crime.

  • Hati-hati menggunakan fasilitas wifi di tempat umum. Walaupun sebagian kecil ada kemungkinan jaringannya dipantau oleh penyedia. Mereka bisa dengan mudah mengakses data probadi jika koneksi tidak dienskrip dengan baik.
  • Lihat identitas website yang Anda buka. Karena cara yang paling mudah menghindari phisinga dalah tidak membuka link aneh yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal. Jangan tergoda membuka link tersebut, karena bisa saja ngelink ke berita internet atau situs tertentu yang tidak Anda inginkan.
  • Tips terakhir internet aman yang perlu Anda ketahui adalah menggunakan halaman incognito apalagi jika perangkat yang digunakan adalah komputer yang sifatnya public. Dengan menggunakan halaman incognito, semua kegiatan yang Anda lakukan tidak akan tercatat di history.

Itulah berita internet mengenai kejahatan cyber crime. Jangan sampai Anda menjadi korbannya, jadi ikuti langkah internet aman seperti yang sudah dibahas dalam artikel ini.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *