Berita Update Cara Membuat Pasword Kuat dan Tetap Mudah Diingat

Pada umumnya, akun-akun media sosial meminta adanya konfirmasi alamat email atau nomer telepon dan juga pasword untuk dapat mengaksesnya. Sayangnya, tidak semua pasword aman untuk menghindari Anda dari hacking oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Salah satu kesalahan terbesar menjaga keamanan di dunia maya adalah pasword yang mudah ditebak dan digunakan untuk semua akun. Karena itu, perusahaan penyedia jasa keamanan internet selalu mengimbau para pengguna internet untuk menggunakan password yang kuat agar akun Anda tidak mudah diretas. Berikut ini berita update cara membuat pasword kuat dan tetap mudah diingat.

Pasword yang panjang

Semakin panjang pasword, maka semakin baik dan pasword akan makin sulit ditebak. Semakin panjang pasword yang Anda gunakan akan membuat penyerang makin butuh waktu lama untuk bisa menebaknya.
Password yang mudah diingat, tapi sulit ditebak

Ada banyak ide pasword yang sebenarnya bisa Anda gunakan. Contohnya adalah momen spesial dalam hidup yang sangat berkesan. Dari peristiwa ini, Anda bisa membuatnya jadi kombinasi angka dan nama tempat yang mudah Anda ingat, tetapi akan sulit ditebak oleh orang lain.
Hindari password yang sulit untuk diingat, tapi mudah ditebak

Sebaliknya, hindari memilih pasword yang sulit diingat tetapi mudah ditebak.Contohnya adalah mengganti huruf vokal a menjadi 4, i menjadi 1, atau o menjadi 0. Atau menggunakan kata-kata yang populer. Hal ini sebaiknya dihindari.
Hindari Satu Pasword untuk Seluruh Akun

Memakai satu pasword untuk seluruh akun memang mempermudah. Tapi ternyata ini justru berbahaya. Pun jika Anda memiliki banyak pasword untuk banyak akun, tetapi Anda sulit mengingatnya. Karenanya, Anda perlu password manager seperti LastPass atau 1Password untuk mengelola puluhan atau bahkan ratusan password akun-akun Anda. Pasword manager bisa membantu Anda mendapatkan pasword secara acak yang sulit ditebak dan diingat. Tetapi, karena menggunakan pasword manager, Anda tidak perlu menghafal pasword tadi.

Amankan Pasword yang Anda buat

Mengingat-ingat pasword memang kadang merepotkan. Anda kadang menuliskannya di situs komputer atau meja ataupun tempat tertentu agar mudah dilihat. Hindari melakukan hal ini, karena akan semakin mempermudah orang lain mengakses pasword Anda.

Jika Anda terpaksa harus menyimpan sandi dalam file di komputer, buat nama yang unik untuk file tersebut sehingga orang lain tidak mengetahui apa isinya. Letakkan juga di tempat yang Cuma Anda ketahui sendiri.
Lapisan keamanan ekstra

Selain pasword, keamanan juga bisa didapat dengan membuat lapisan keamanan ekstra. Umumnya dengan melakukan verifikasi dua langkah. Dengan begini, Anda harus memiliki akses ke ponsel, juga nama pengguna dan sandi, saat masuk ke akun layanan.
demikian tadi beberapa berita update cara membuat pasword kuat dan mudah diingat. Keamanan penggunakan akun atau penyimpanan apapun adalah tanggungjawab Anda sebagai pengguna. Jadi, tetap berhati-hati. Selamat mencoba.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *