Berita Update Gerhana di tahun 2017 yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ada banyak fenomena langit yang terjadi tiap tahunnya. Sayangnya, tidak semua dari kita menyadari hal ini karena satu dan lain hal. Karena itu, ada baiknya cek juga berita update gerhana di tahun 2017 yang tidak boleh dilewatkan berikut ini, agar Anda tidak ketinggalan lagi untuk berburu fenomena langit ini. Musim gerhana pada tahun 2017 ini dimulai pada bulan Februari dan akan terdiri dari empat gerhana, yakni dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan.

11 Februari – Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan ini jadi fenomena langit pertama yang mengawali musim gerhana tahun 2017. Karena hanya gerhana bulan penumbra, agak sedikit sulit menentukan apakah bulan tengah berada dalam situasi gerhana atau tidak. Hanya, permukaan bulan akan sedikit tampak lebih gelap. Sebagian masyarakat Indonesia bisa menikmati gerhana ini, yakni area Sumatera, sebagian Jawa dan sebagian kecil Kalimantan. Karena gerhana dimulai ketika bulan akan terbenam dan fajar menyingsing, maka fenomena ini pun hanya terjadi sangat singkat.

26 Februari – Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi karena bulan menutupi matahari, tetapi jarak bulan berada paling jauh dari bumi. Akibatnya, bayangan bulan tidak sempurna menutupi piringan matahari. Inilah yang menciptakan efek seperti cincin api atau donat berwarna terang di angkasa. Sayangnya gerhana matahari ini tidak dapat dinikmati di wilayah Indonesia. Gerhana Matahari Cincin ini akan melintasi Amerika Selatan, Samudera Atlantik, Afrika dan Antartika. Jejak cincinnya bisa dinikmati dari area Samudera Pasifik, Chile, Argentina, Samudera Atlantik dan Afrika.

Baca Juga: BERITA TERKINI YANG KONTROVERSI MENGENAI PLANET MARS

7 Agustus – Gerhana Bulan Sebagian

Fenomena ini terjadi karena sebagian piringan bulan berada dalam umbra bumi dan sebagian lain berada di area penumbra. Karenanya, bulan akan tampak hilang sebagian dan redup di bagian yang lain. Untuk gerhana bulan sebagian 7 Agustus 2017, seluruh masyarakat Indonesia bisa melihat seluruh proses gerhana.

21 Agustus — Gerhana Matahari Total

Ternyata Gerhana Matahari Total bukan sesuatu yang sangat langka. Gerhana matahari total juga terjadi pada tahun 2017, tepatnya pada 21 Agustus 2017 nanti. Sayangnya, fenomena ini tidak dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Gerhana Matahari Total 2017 akan melintasi seluruh wilayah Amerika Serikat dan sebagian wilayah Amerika Selatan. Jalur totalitas gerhana akan melintas dari Pasifik Utara, Amerika Serikat dan Atlantik Selatan.

Demikian tadi berita update daftar gerhana yang terjadi pada tahun 2017. Sebenarnya, selain gerhana ada juga banyak fenomena langit lainnya yang tidak kalah seru untuk disimak. Fenomena langit adalah hal yang wajar terjadi, terjadi secara berulang dan berkala sehingga dapat diperkirakan sebelumnya. Jangan mudah tergoda atau tertipu oleh mitos-mitos yang berhubungan dengan fenomena langit yang terjadi. Cukup nikmati dan kagumi saja fenomena langit, berupa gerhana yang terjadi pada 2017 ini.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *