Berita Update Penetapan Awal Puasa 2017 di Indonesia

Ibadah ramadhan merupakan salah satu ibadah yang paling di tunggu di Indonesia selain tentunya lebaran idul fitri dan lebaran idul adha. Hal tersebut tidak lepas dari masyarakat Indonesia yang sebagian besarnya menganut agama Islam sehingga suasana atau euforia ramadhan sangat terasa di banding negara lainnya. Ada banyak berita update yang bisa diikuti oleh masyarakat mengenai datangnya puasa tahun 2017 ini, dari penetapan awal puasa dan juga tradisi serta kegiatan dan trend yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang saat menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh ini.

Biasanya ketika dekat dengan bulan ramadhan ada 3 tiga euforia yang dirasakan oleh masyarakat. Yaitu dari menyambut datangnya bulan puasa, selama bulan ramadhan tersebut, hingga ketika pada hari akhir puasa hingga lebaran. Beberapa euforia yang bisa dirasakan ketika momentum ramadhan ini misalnya:

  • Sebelum puasa biasanya akan ada berbagai acara penyambutan dari pasar rakyat seperti dug deran yang ada di Semarang. Selain itu juga ada mandi bersama di beberapa daerah yang mengisyaratkan ingin menyambut bulan suci dengan tubuh dan hati yang bersih.
  • Selama ramadhan sendiri ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dari terawih bersama, buka puasa, ngabuburit, dan juga tentunya menahan lapar dan hawa nafsu bersama-sama.
  • Sedangkan ketika menjelang akhir dan mendekati idul fitri ada tradisi takbiran tepat malam sebelum idul fitri yang dirayakan dengan sangat meriah di berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa hal diatas sudah wajar menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat sebelum, selama, dan ketika akan meninggalkan bulan puasa setiap tahunnya. Sebelum puasa salah satu hal lainnya yang menjadi tradisi di Indonesia dan menjadi berita update yang dicari banyak orang adalah mengenai penetapan awal puasa sendiri. Karena mempunyai banyak aliran, penetapan awal puasa di Indonesia juga biasanya berbeda-beda menurut aliran Islam yang dianut oleh masyarakat.

Penetapan awal puasa tersebut sebenarnya ditandai dengan munculnya hilal yaitu terlihatnya bulan dengan tinggi tertentu sehingga menandakan datangnya bulan puasa. Tetapi hal ini selalu menjadi perdebatan setiap tahun dan selalu terjadi perbedaan penetapan awal puasa yang berbeda-beda yaitu dari Muhammadiyah, dari pemerintah, dan juga dari beberapa aliran lainnya yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Misalnya berita update mengenai penetapan awal puasa beberapa aliran adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk jamaah An-Nadzir yang ada di Gowa dan mempunyai ciri khas dengan pakaian hitamnya ini menetapkan awal puasa jatuh pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2017.
  • Untuk Muhammadiyah menetapkan awal puasa jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 pada hari sabtu.
  • Sedangkan untuk pemerintah sendiri belum menetapkan jatuhnya awal bulan puasa.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *