Cara Merawat Tas Kulit Pria Dan Wanita Agar Awet Dan Tahan Lama

Bagaimana cara merawat tas kulit pria dan wanita yang benar? mungkin diantara pembaca ada bingung cara merawat tas kulit agar kondisinya terlihat seperti masih baru. Tas kulit merupakan salah satu bahan tas yang dipercaya kualitasnya lebih tahan lama dibandingkan bahan lainnya, apalagi jenis kulit yang digunakan asli.

Itu sebabnya tas kulit membutuhkan perawatan khusus agar terhindar dari kering, pecah-pecah dan kusam. Berikut ini beberapa tips perawatan tas kulit yang benar yang bisa Anda coba aplikasikan.

Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar Matahari

Tas yang terbuat dari kulit sebaiknya dijauhkan dari sinar matahari langsung apalagi dalam waktu yang lama, karena bisa menyebabkan tas pecah-pecah seperti retak. cara mencegah agar hal tersebut tidak terjadi adalah dengan memberikan lotion atau butter cream ke seluruh permukaan tas.

Cara yang benar memoles lotion adalah dengan menuangkannya terlebih dahulu ke tangan lalu gosok-gosokan ke tangan satunya. Setelah itu, baru usap secara merata ke permukaan tas. Beri sedikit tekanan ringan agar lotion menyerap dengan sempurna ke lapisan tas. Setelah selesai, diamkan beberapa menit dan gosok dengan lembut menggunakan handuk.Gosok sampai tas tidak lengket lalu keringkan dengan cara diangin-angin sebentar. Setelah selesai simpan tas di tempat yang kering.

Hindari Tas Dari Air

Apabila tas terlanjur kena air, segera keringkan dengan lap yang teksturnya lembut dan kering. Jika tidak dikeringkan bisa memicu adanya jamur yang menempel. Jika ada jamur, menghilangkannya dengan cara digosok dengan lap yang teksturnya lembut. Jika ada bercak putih di dalam tas, bersihkan menggunakan sikat berbulu halus lalu lanjutkan dengan lap kering.

Baca Juga: CARA MENGHILANGKAN NODA LUNTUR PADA PAKAIAN

Anda bisa menggunakan sabun khusus kulit atau kream pembersih kulit agar jamur hilang dan tas terlihat lebih mengkilap.

Simpan Di Dalam Dust Bag

Jika tas kulit tidak dipakai, simpan di kantong penyimpanan atau dust bag. Jangan lupa mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam tas. Jika sudah terlalu lama menyimpannya, untuk menghindari terkena lembab bisa keluarkan dan diangin-angin.

Bahan Kulit Vs Plastik

Menyimpan tas kulit harus dijauhkan dari tas yang bahannya plastic. Karena bahan plastic dapat menyerap pewarna pada tas kkulit. Akibatnya bisa muncul noda di tas seperti jamur.

Menghindari Lipatan

Biasanya tas kulit mengalami lipatan atau tumpukan,akibatnya bentuk tas akan berubah. Umumnya terjadi pada tas kulit pria, karena cara menyimpannya yang kurang apik. Untuk menghindari hal terrsebut caranya bisa digantung di dalam kain yang sudah disimpan silica gel.

Membersihkan Kotoran

Apabila tas kulit terkena noda atau kotoran, bisa dibersihkan menggunakan baking soda atau menggunakan alkohol. Jangan gunakan pembersih yang terbuat dari bahan silicon atau minyak karena bisa mengurangi kualitas tas. Jika dibersihkan dengan benar tas kulit pria ataupun wanita yang Anda koleksi bisa terlihat seperti masih baru.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *