Cek Kebenaran Berita Terkini yang Anda Baca dengan 4 Ciri Berikut!

Ada banyak berita terkini bisa dibaca melalui media berita online, asalkan cermat memilih tempat membacanya maka dijamin informasinya akurat. Media online memang punya peran tersendiri dalam mencerdaskan masyarakat yang juga aktif menggunakannya. Berbagai informasi yang baru beberapa detik terjadi sudah tersebar luas lewat dunia maya. Tidak heran jika banyak orang menjadi begitu adiktif dengan dunia virtual ini, sehingga banyak pula orang yang menyalah-gunakanya. Berbagai berita yang ditampilkan kadang pun tidak memiliki unsur kebenaran, atau hoax.

Ciri Berita yang Merupakan Fakta

Kini dengan internet yang semakin dekat dalam kehidupan siapa saja membuat penggunanya kesulitan menentukan mana berita nyata dan yang hoax. Menentukan perbedaannya maka bisa mengenal beberapa ciri berita benar sesuai fakta berikut ini:

  • Melihat jam berita yang dibahas,

Meski internet menawarkan update berita secara cepat bukan berarti semua informasi selang beberapa detik langsung dimuat. Minimal ada jeda antara kejadian yang diberitakan dengan update berita sekitar beberapa jam. Bahkan menunggu 24 jam sampai ada konfirmasi dari pihak terkait sehingga dipastikan berita tersebut memang benar.

  • Dibahas di semua media berita online,

Selain ada jeda yang lumayan antara kejadian dengan waktu ketika berita dipublikasikan, tentunya berita aktual pun dibahas tidak hanya oleh satu media. Terlebih jika memang menjadi berita terkini yang merupakan peristiwa besar dan tercatat dalam sejarah. Misalnya kabar mengenai seorang aktor kenamaan baik kabar baik maupun kabar buruk. Ketika sebuah tema berita memang terbukti nyata atau benar dijamin semua media berita online akan memuatnya. Tidak hanya media berita ecek-ecek namun juga yang sudah punya nama besar.

  • Konfirmasi oleh pihak yang dimuat dalam berita,

Konfirmasi yang diberikan oleh pihak yang diberitakan, baik tokohnya langsung maupun dari pihak keluarga ataupun orang terdekat juga menjadi ciri kebenaran sebuah berita. Ketika ada yang sudah memberi pernyataan bahwa suatu kabar memang benar maka sudah 90% lebih berita tersebut aktual. Terlebih jika yang bersangkutan adalah yang memberi konfirmasi maka dijamin sudah 100% adalah berita aktual. Konfirmasi ini bisa diberikan pihak bersangkutan lewat akun media sosial, berita di layar kaca, ataupun media cetak.

  • Terdapat media pendukung kebenaran berita,

Berita yang penting dan juga tercatat dalam sejarah tidak harus melibatkan tokoh besar seperti pejabat atau artis Ibukota. Bisa pula berita-berita ringan yang ternyata punya dampak besar pada siapa saja yang melihat atau membacanya. Suatu media berita online tentu tidak hanya menyampaikan suatu kejadian sekedar dalam sebuah artikel yang berisi ribuan kata. Tidak lupa pula menambahkan media pendukung entah dalam bentuk foto asli atau rekaman video, sehingga menjadi berita terkini yang terpercaya.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *