Fungsi 3 Forum Online Terbesar Dunia

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, fasilitas teknologi berupa alat-alat yang mempermudah manusia telah berubah secara dinamis. Fasilitas yang disediakan teknologi berupa internet ternyata dianggap paling berpengaruh terutama di Indonesia. Bahkan didalam internet terdapat website, social media, dan forum online. Website biasanya dianggap lebih profesional dengan isi didalamnya terpercaya. Namun belakangan ini beredar kabar jika sebagain penyedia informasi yang terpercaya ini sudah tidak lagi seperti dulu. Hoax ternyata sudah merubah citra dari website. Website yang biasanya digunakan oleh institusi sekarang beralih sebagai fasilitas teknologi yang dapat digunakan siapa saja. Selebih lagi ketika muncul yang namanya website gratis atau blog.

Sedangkan social media atau sosmed lebih sering digunakan sebagai media bisnis dan tempat representasi sosok nyata suatu individu. Di dunia maya beberapa tokoh publik membentuk citra yang diinginkannya melalui postingan social media mereka. Dapat diketahui social media yang populer saat ini adalah Facebook, Twitter dan Instagram. Banyak sekali pengguna social media yang mencari kepopuleran dengan mencari sensasi. Padahal pada seharusnya social media digunakan untuk perkenalan untuk menyatakan ‘ini saya dan karya saya’. Terlebih dari itu social media tetap menjadi tempat yang cukup populer.

Memasuki tahap lanjut berupa wahana diskusi yang lebih terbuka. Diketahui di website menu komentar biasanya terbatas, sedangkan di social media menu komentar bisa dimatikan. Ini menunjukan kedua hal ini tidak memiliki keterbukaaan.Berbeda dengan forum Online bisa menjadi tempat yang lebih terbuka. Forum sendiri dapat diartikan sebagai sarana berdiskusi online, di Indonesia sendiri terdapat Kaskus yang lebih dulu populer. Namun sejauh manakah diskusi-diskusi tersebut akan dibahas secara singkat dengan perbandingan tiga media diskusi favorit di dunia, mengenai fungsi dan kelebihan mereka. Ini dia tiga forum online paling populer didunia:

  • Gaia Online

Gaia bahkan memiliki postingan mencapai 2 juta thread, dan ini didukung dengan jumlah member yang mencapai 25 juta lebih pada 2013. Gaia dianggap sebagai forum terbesar dan terkemuka didunia yang berdiri sejak 2003. Topik-topik yang dibahas didalamnya berupa gaya hidup, games, hiburan, jual-beli, dan lain sebagainya.

Baca Juga: PENDIDIKAN JARAK JAUH BERBASIS FORUM ONLINE

  • 4chan

4chan memiliki postingan hingga hampir 1 juta thread yang diposting oleh lebih dari 7 juta member. Ini merupakan situs yang membahas topik seputar jepang seperti kebuadayaan, animasi dan manga, minat, kreatifitas, musik, travel, dan lain sebagainya.

  • Kaskus

Dengan jumlah postingan yang sudah mencapai 450 juta thread lebih, member kaskus terakhir pada 2013 berjumlah 4,5 juta member. Situs ini didirikan oleh  Andrew Darwis tahun 1999. Kaskus memiliki fitur yang cukup lengkap seperti jual-beli, lounge, IT, berita, dan politik, olahraga, musik, games, dan masih banyak lagi.

Dari ketiga situs tersebut kaskus lah yang lebih populer bagi masyarakat Indonesia, dikarenakan istilah di situs ini sangat unik seperti cendol, bata, agan, mimin, momod dan lainnya. Keunikan dan keterbukan situs kaskus membuat ia unggul daripada website dan social media. Pengguna tidak merasa terbatasi dengan situs ini.

Demikianlah tiga forum online paling populer di dunia. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *