Informasi Terbaru Tempat Tujuan Wisata di Sumenep

Sumenep merupakan salah satu kabupaten di Pulau Madura yang masih masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Kota Sumenep berjarak sekitar 130 Km dari Surabaya, atau dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih selama 3-4 jam. Untuk perjalanan udara, waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan dari Bandara Juanda ke Bandara A. Yani Sumenep hanya sekitar 18 menit. Kabupaten Sumenep dikenal sebagai wilayah keraton, dalam literatur kuno, wilayah Sumenep dijuluki sebagai wilayah Sumekar (Sumenep Keraton) karena di wilayah ini memang pernah berdiri kerajaan besar yang beberapa peninggalannya masih lestari hingga saat ini. Masyarakat Sumenep juga dikenal dengan masyarakat yang ramah dan berbahasa sopan. Tidak heran jika Sumenep sering dijuluki sebagai “Solo-nya Madura”. Saat ini, Sumenep sedang menggalakkan dan mempromosikan diri sebagai tempat tujuan wisata yang sangat layak dikunjungi. Berikut ini adalah informasi terbaru mengenai tempat tujuan wisata di Sumenep.

Masjid Jami’ Sumenep

Salah satu landmark yang cukup terkenal dari Kabupaten Sumenep adalah Masjid Jami’ Sumenep. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Nusantara. Salah satu ciri khas dan keunikan dari Masjid Jami’ Sumenep adalah arsitektur bagian gerbangnya yang kental dengan arsitektur Tiongkok. Masjid ini memang dirancang dengan perpaduan arsitektur Tiongkok, Eropa, Jawa, dan budaya Madura sendiri. Berfoto di depan Masjid Jami’ Sumenep merupakan salah satu hal yang wajib jika Anda berkunjung ke Sumenep.

Wisata Keraton Sumenep

Sebagai bekas wilayah kerajaan, banyak sekali peninggalan Kerajaan Sumenep yang masih membekas dan dijaga hingga sekarang. Salah satunya adalah keraton Sumenep yang sekarang lebih banyak disungsikan sebagai museum. Museum Keraton Sumenep pada awalnya difungsikan sebagai kantor Raja. Di Museum ini terdapat beberapa peninggalan penting yang berkaitan dengan sejarah Sumenep, mulai dari berbagai jenis senjata dan kereta pusaka.

Baca Juga: TIPS WISATA HEMAT DAN MENYENANGKAN

Pulau Gili Labak

Wilayah Kabupaten Sumenep memiliki 73 pulau kecil yang masih sangat alami dan cocok dijadikan tempat tujuan wisata sebab beberapa pulau kecil tersebut sudah memiliki fasilitas lengkap sebagai tempat tujuan wisata. Salah satu pulau yang direkomendasikan sebagai tempat tujuan wisata di Sumenep adalah Pulau Gili Labak. Gili Labak merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah timur kota Sumenep, yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit perjalanan darat ditambah 25 menit perjalanan perahu. Pulau yang amsih sangat alami dan asri ini dapat dikelilingi dengan berjalan kaki selama 30 menit. Pulau ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin berpetualang.

Menjajal berwisata ke Kabupaten Sumenep sangat dianjurkan bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan tujuan wisata yang masih cenderung sepi namun semua fasilitasnya sudah tersedia. Akses ke Kabupaten Sumenep sudah semakin mudah dengan banyaknya travel dan bus Antar Kota yang berangkat dari Surabaya ke Sumenep setiap 30 menit sekali. Informasi terbaru, pada tahun 2017 penerbangan domestik dari Surabaya (Juanda) ke Sumenep akan dilayani dan dilangsungkan setiap hari, sementara pada 2016 ini hanya dua kali seminggu.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *