Informasi Terkini : Atasi Smartphone Lemot

Informasi Terkini : Atasi Smartphone Lemot – Pernah mengalami smartphone yang tiba-tiba hang dan dan berhenti selama beberapa saat atau bahkan menunggu untuk waktu yang lama agar bisa digunakan lagi? Atau pernahkah saat bermain game yang seru, smartphone mendadak berhenti? Banyak lagi hal-hal lain yang terjadi saat menggunakan ponsel baik saat di tempat umum, di kantor atau ketika malam hari seperti sewaktu menelpon, mengirim email bahkan sewaktu chat di WhatsApp, smartphone lelet dan hang. Berikut ini ada beberapa tips cara atasi Smartphone yang lemot untuk mempercepat kinerja ponsel :

  • Singkirkan game lama yang sudah tidak dimainkan

Kita semua sudah pernah merasakan dan mengunduh permainan yang terkenal pada jamannya seperti Angry Birds atau Candy Crush, bahkan mungkin Anda sudah berada di level teratas. Tapi karena sayang, Anda tidak menghapusnya. Game-game tersebut memang seru dan bisa membantu menyingkirkan stres, tapi Anda harus tahu ini justru menguras baterai dan ruang penyimpanan di smartphone Anda sehingga membuatnya jadi  tidak lucu lagi. Aplikasi game seperti ini dan aplikasi yang tidak perlu lainnya hanya akan menghabiskan daya baterai. Meskipun Anda tidak memainkannya, tapi aplikasi ini akan terus berjalan, inilah yang menyebabkan ponsel sering hang dan lelet. Karenanya jangan menunggu lebih lama lagi, segera hapus gim-gim lama yang telah mengambil ruang di ponsel Anda dan buatlah ponsel  Anda seperti baru lagi.

  • Sayangi ponsel Anda dengan selalu memperbarui software-nya

Sayangi dan cintailah ponsel yang Anda miliki dengan cara memperbarui softwarenya. Terkadang salah satu momen terburuk dalam hidup adalah ketika kita membuka telepon dan membaca pesan yang ditakuti. Ada satu pembaruan perangkat lunak yang tersedia. Apakah Anda ingin memperbaruinya sekarang? iPhone baru saja perlu diperbarui dalam beberapa bulan, apalagi jenis smartphone biasa. Mengklik “Nanti” atau “Tidak saat ini” adalah pilihan yang sering diambil daripada harus memperbaruinya, karena hal ini akan memakan waktu. Namun, sebaiknya mulai sekarang rajinlah memperbarui ulang perangkat, karena hal inilah yang akan tetap menjaga ponsel Anda berjalan dengan lancar sampai update berikutnya hadir.

  • Matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan

Ambil telepon dan periksalah di latar belakangnya apakah ada aplikasi yang tidak digunakan namun masih berjalan. Biasanya saat Wi-Fi menyala, maka banyak aplikasi melakukan pembaruan sendiri tanpa diminta. Saat sudah tidak menggunakan Wi-Fi lagi, segera non aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth, hal ini akan mempercepat kerja ponsel Anda, karena otomatis pembaruan yang tidak diminta juga akan berhenti sendiri.

  • Melakukan pembersihan ponsel secara berkala

Apakah Anda masih ingin melihat video ulang tahun sepupu lima tahun yang lalu atau masih membutuhkan meme-meme lucu yang disimpan sejak berbulan-bulan lamanya? Jika sudah tidak membutuhkan dokumen atau gambar-gambar lama, sebaiknya hapus saja dari ponsel Anda.

Luangkan waktu sesekali untuk membersihkan  ponsel, mirip dengan apa yang Anda lakukan dengan laptop atau desktop. Bahkan jika perlu hapus juga aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan. Dengan cara ini ponsel akan bisa bekerja lebih cepat dari biasanya. Itulah informasi terkini seputar smartphone.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *