Informasi Terkini Cara Mengenali Website Berbahaya

Berselancar di dunia maya tidak selalu aman dilakukan. Berbagai kejahatan online sering terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Beragam cara pun dilakukan untuk menjebak korbannya. Salah satunya lewat laman website. Karena itu, Anda perlu tahu informasi terkini cara mengenali website berbahaya saat berselancar di dunia maya.

Penawaran Bertubi-tubi

Laman website dengan terlalu banyak penawaran atau pop up iklan patut Anda waspadai. Apalagi kadang iklan itu membuat otomatis klik yang bisa saja meruginakan Anda. memang tidak semua website dengan iklan berbahaya, tetapi Anda tetap harus waspada karena mungkin saja ada script atau file malware yang mengintai.

Scan Link Mencurigakan

Untuk mengecek website berbahaya atau tidak, Anda dapat melakukan scan URL pada berbagai layanan online. Anda cukup mengetikkan domain website yang dicurigai, selanjutnya akan tampil keterangan apakah website tersebut aman atau tidak.

Sertifikat SSL

Salah satu ciri website yang bisa dipercaya adalah yang diamankan dengan sertifiak SSL (Secured Socket Layer). Cirinya dengan URL berawalan https:// dan logo gembok emas yang terlihat pada address bar browser. Dengan sertifikat SSL maka koneksi akan dienkripsi untuk mencegah pencurian data oleh pihak ketiga.

Investigasi Nama Domain

Anda juga dapat mengecek informasi kepemilikan domain. Jadi, jika Anda menemukan suatu website mencurigakan, Anda dapat melakukan investigasi lebih lanjut mengenai kepemilikan nama domain website tersebut. Dengan mengetikkan nama domain atau alamat IP website, Domain Dossier akan menginvestigasi website tersebut dan menampilkan hasilnya seperti informasi nama, alamat serta email si pemilik.

Baca Juga: TIPS MENCEGAH PENCURIAN IDENTITAS DI DUNIA ONLINE

URL Shortening

URL shortening biasa digunakan untuk mempermudah antar pengguna saat berkomunikasi dengan pesan penek seperti twitter. Tapi ada kalanya, URL ini dimanfaatkan sejumlah orang untuk menyamarkan link tertentu yang belum tentu aman. Sebaiknya hindari URL jenis ini.

URL Mencurigakan

Anda juga bisa melaporkan jenis URL atau website yang mencurigakan pada layanan yang menangani hal ini, seperti Layanan ini biasanya sudah memiliki daftar URL berbahaya, sehingga jika URL yang Anda masukkan ada dalam daftarnya, Anda akan diperingatkan untuk tidak mengunjungi URL tersebut.

Add-on Tambahan

Untuk memastikan keamanan saat berselancar di dunia maya, Anda juga bisa menambahkan sejumlah add-on tambahan. Seperti add-on yang bisa memblokir iklan-iklan atau yang dapat melindungi Anda dari serangan XSS dan Clickjacking. Jangan ragu untuk mengeksplorasi lebih banyak add-on yang dsediakan untuk membuat aktivitas berinternet Anda semakin aman dan nyaman.

Demikian tadi beberapa informasi terkini cara mengenali website berbahaya dan cara untuk mengatasinya. Sekali lagi, kontrol keamanan komputer saat berselancar ada pada diri Anda, pengguna internet. Karena itu, selalu hati-hati saat berselancar dan jangan mudah tergoda untuk mengeklik apapun yang tidak Anda pahami atau tidak Anda kenal dengan baik. Selamat mencoba.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *