Manfaat dan Resiko Buruk Dunia Online untuk Masyarakat

Jaman sekarang ini adalah jaman dimana teknologi memegang peranan penuh dalam kehidupan masyarakat. Banyak teknologi canggih yang sudah menjadi bagian kebutuhan masyarakat seperti handphone, komputer, dan berbagai macam gadget lainnya. Dengan akses ke internet semakin menambah kesenangan masyarakat ke dunia online yang menyuguhkan banyak hal untuk dinikmati. Dari permainan game, belanja secara online, pendidikan dengan mengikuti perkuliahan online, dan juga belajar berbagai hal baru dari tutorial yang ada di internet.

Dunia virtual atau online tersebut tentu saja mempunyai peranan yang besar untuk masyarakat jaman sekarang ini. Sama seperti berbagai hal lainnya, apabila tidak bisa menggunakannya dengan bijaksana maka hal tersebut akan menimbulkan kerugian untuk dirinya sendiri. Tetapi apabila bisa untuk memanfaatkan internet sebagai salah satu hal yang bermanfaat dapat untuk menikmati banyak informasi yang ada dan juga kesenangan ketika menggunakannya. Sehingga masyarakat perlu untuk mengetahui resiko buruk ketika menggunakan internet dengan tidak bijak. Tetapi juga harus mengetahui mengapa internet dapat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang menggunakannya.

Berbagai resiko buruk dan menggunakan internet ini adalah bagi masyarakat yang tidak bisa membagi waktu dengan bijaksana dan selalu terpaku di layar gadget. Berbagai resiko buruk yang bisa didapatkan adalah:

  • Akan terkena nomophobia yaitu istilah penyakit yang tidak bisa lepas dari handphone barang sebentar.
  • Akan terobsesi dengan dunia online dan mengacuhkan dunia nyata yang ada sehingga tidak pernah keluar rumah dan tidak mempunyai teman dan menjauhi keluarga.
  • Terobsesi dengan game online dan lainnya sehingga lupa makan dan akan mengganggu kesehatan.
  • Dapat mengganggu kesehatan mata terutama, terkena ambeyen karena sering duduk, dan juga penyakit lainnya karena terkena radiasi gadget setiap waktu.

Akan tetapi resiko tersebut tidak akan terjadi pada masyarakat apabila ia bisa mengatur waktu. Karena ada juga manfaat yang bisa didapatkan dari internet seperti:

Baca Juga: BERAGAM KEGIATAN POSITIF YANG MEMENUHI DUNIA ONLINE

  • Masyarakat bisa untuk menambah teman di dunia maya yang bukan hanya temporary tetapi bahkan bisa menjadi sahabat dekat.
  • Bisa mempunyai kenalan dari berbagai daerah dan juga negara lain.
  • Bisa mengetahui dengan pasti bakat dan mengasah bakat yang dimiliki.
  • Bisa mengetahui banyak informasi dengan cepat.
  • Bisa belajar banyak lewat internet bahkan bisa mencari uang lewat internet.

Sehingga kunci dari mendapatkan manfaat dan menghindari resiko buruk dari dunia online tersebut adalah tahu waktu dan batas. Terutama untuk mengatur waktu untuk mengakses internet dan dunia nyata yang harus diperhatikan. Dengan begitu Anda akan menjadi pengguna internet yang bijak yang akan mengambil buah manis dari internet tetapi tidak ikut terjebak pengaruh buruk dari kecanggihan teknologi ini. Oleh karena itulah sebaiknya perhatikan waktu, tujuan, dan juga manfaat yang akan didapatkan hal yang dilakukan di internet.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *