Mengenal Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif

Sudah bukan rahasia jika merokok adalah hal yang buruk untuk kesehatan Anda. Banyak sekali bahaya dari rokok yang mengintai bagi para perokok. Namun tak hanya si perokok saja yang terkena bahayanya, namun juga mereka yang menghirup asap rokok tersebut yang notabene adalah perokok pasif. Meski memang tidak secara langsung merokok, namun efek yang diterima oleh para perokok pasif dari asap yang terhirup ini juga tak kalah besarnya. Jika semakin sering terpapar asap dari rokok, maka akan kian mudah juga gangguan kesehatan yang bisa dialami.

Dampak kesehatan dari rokok ini sudah mengglobal dimana WHO selaku badan kesehatan dunia mencatat jika ada 7 juta lebih kematian yang terjadi akibat rokok tiap tahunnya. Dari angka itu, hampir 1 juta kematian adalah terjadi pada para perokok pasif. Perlu diketahui jika ketika dihembuskan perokok, asap dari rokok tidak langsung menghilang, namun bertahan sampai 2,5 jam di udara. Asap ini akan tetap ada walau tidak bisa terdeteksi dari indra penciuman dan penglihatan. Asap dari rokok ini bahkan masih akan ada dalam jumlah besar jika ada di ruangan tertutup.

Terdapat 4000 bahan kimia yang ada di dalam asap tembakau dan 50 diantaranya adalah terkait dengan kanker. Beberapa kandungan yang berbahaya pada asap dari rokok diantaranya idrogen sianida, benzene yang ada pada bensin, formaldeida yang ada di bahan pengawet balsem mayat hingga karbon monoksida yang amat beracun seperti yang ada di knalpot mobil. Menghirup asap dari rokok ini bisa berdampak buruk baik jangka pendek hingga jangka panjangnya.

 Baca Juga:INI DIA PENYAKIT PADA ANAK YANG DISEBABKAN KARENA ASAP ROKOK

Jika Anda adalah perokok pasif, mama beberapa penyakit yang bisa mengintai diantaranya kanker paru-paru, jantung koroner, nyeri dada dan masih banyak lagi. Belum lagi jika asap rokok terhirup oleh Ibu hamil terus menerus maka resikonya akan lebih tinggi lagi mulai dari keguguran, bayi lahir berat di bawah rata-rata bahkan bayi lahir mati. Sedangkan pada anak-anak, asap dari rokok ini kian membahayakan mulai dari asma, alergi, pilek, infeksi pernapasan dan telinga hingga sindrom kematian.

Mengingat bahaya asap rokok mengintai sangat besar, ada baiknya jika Anda berjaga diri. Caranya adalah dengan membuat rumah terbebas asap dari rokok dengan melarang penghuni rumah merokok di dalam rumah. Jika Anda sedang di ruang publik dan ada yang merokok, maka minta dengan sopan kepada perokok untuk menghentikan aktivitas merokoknya karena mengganggu. Agar kian meminimalisir lagi, maka kemanapun Anda pergi usahakan memakai masker sehingga meminimalisir hirup asap dari rokok. Alangkah lebih baik lagi jika seluruh anggota keluarga tidak ada yang merokok sehingga Anda bisa terhindar dari segala resiko buruk akibat rokok.

 

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *