Perhatikan 4 Hal Ini Saat Berteman dengan Seseorang di Dunia Online

Di era modern seperti sekarang dimana teknologi sudah semakin canggih, tak terkecuali internet, membuat batas antara dunia nyata dan dunia online atau yang juga disebut dengan dunia maya—nampaknya telah semakin menipis. Bahkan dunia maya telah menjadi salah satu ajang untuk memulai pertemanan dan mengakrabkan diri dengan orang lain dari daerah yang berbeda, sebagai alat untuk mengeratkan pertemanan dengan teman-teman di dunia nyata, bahkan bisa untuk mencari jodoh. Meski demikian, dunia maya tidak dapat disamakan dengan dunia nyata. Sama halnya jika kita menjalin hubungan pertemanan via dunia virtual.

Berikut ini adalah beberapa ‘rules’ saat berteman dengan orang lain di dunia maya:

  • Jangan mudah percaya.

Dalam suatu pertemanan, kepercayaan memang sangatlah penting. Namun itu jika di dunia nyata, berbeda jika Anda menjalin pertemanan di dunia maya. Rules pertama dan paling utama justru jangan mudah merasa percaya. Sebab kita tidak tahu sebenarnya siapa yang berada di balik layar, bagaimana sifatnya dan apa yang mereka inginkan dari kita.

  • Jangan mengharap dukungan.

Menjalin hubungan pertemanan di dunia maya justru menimbulkan banyak keraguan. Apakah mereka benar-benar bisa mendukung kita. Namun jika berhubungan dengan pertemanan yang terjalin via dunia online, Anda tentu tidak bisa menebak apakah mereka benar-benar punya niatan untuk mendukung kita dan selalu ada saat kita butuhkan atau sekedar bersenang-senang alias ‘numpang lewat’ saja. Anda juga patut curiga dengan motif pertemanan yang mereka miliki. Terutama jika kita benar-benar belum pernah bertemu dengan orang tersebut. Sebaiknya tetap waspada karena bisa saja mereka hanya memanfaatkan Anda.

 Baca Juga: DUNIA ONLINE MELALUI 4 KIAT CERDAS BERIKUT!

  • Hati-hati dengan akun palsu.

Mungkin saja orang tersebut terlihat sangat cantik atau tampan pada foto profil mereka, namun belum tentu demikian juga kenyataannya. Beberapa oknum akun palsu justru mencuri foto dari profil orang lain untuk dipajang di akunnya sendiri. Bahkan ada yang benar-benar bisa terkecoh. Baik pria atau wanita sama-sama berpotensi untuk tertipu dengan akun palsu. Jangan pernah berikan informasi apapun pada mereka sebelum Anda benar-benar mengetahui jati diri asli mereka. Berhati-hatilah.

  • Jangan lupakan teman dunia nyata.

Dunia online memang bisa menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan, terutama jika kita bisa berhubungan dan bertemu dengan orang-orang yang memiliki banyak kesamaan dengan kita, mulai dari selera musik, hobi, pemikiran dan gagasan bahkan visi dan misi, namun tetap saja yang kita butuhkan bukanlah teman di dunia maya, melainkan teman yang benar-benar ada saat kita membutuhkan, tak lain dan tak bukan adalah teman-teman di dunia nyata. Jadi meski kita sudah memiliki banyak teman di dunia maya, jangan pernah lupakan teman-teman Anda di dunia nyata.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *