Seputar Istilah Dunia Online Shop

Saat ini jual beli online menjadi kegiatan yang popular di masyarakat. Dunia online shop memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk mendapatkan barang dengan mudah dan praktis. Selain itu kegiatan belanja menjadi lebih menyenangkan. Memang sejak kehadiran internet, para pedagang banyak yang membuka toko online dan menawarkan produknya kepada pengguna internet.

Jadi jika diartikan secara sederhana yang dimaksud dengan online shop adalah tempat belanja yang menggunakan sistem online di internet. Bagi Anda yang sering/ pernah melakukan belanja online tentu akrab dengan istilah yang sering digunakan dalam kegiatan bisnis online. Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, bisa simak pembahasan berikut ini:

Seller = adalah istilah dunia online shop yang diberikan untuk penjual atau pemilik toko online.

Buyer = adalah istilah yang ditujukan untuk para pembeli. Selain buyer, ada juga istilah lainnya yang digunakan untuk pembeli yaitu customer.

Price Police = merupakan istilah yang diberikan oleh pelaku yang membandingkan harga penjual dengan harga yang dijual oleh toko lain dan menyebutkan harganya.

Ready Stock = merupakan istilah untuk barang dagangan yang tersedia. Jadi jika ada barang yang tersedia, lalu terjadi kata sepakat maka barang bisa langsung dikirim.

Pre Order = dikenal dengan singkatannya PO merupakan istilah yang digunakan oleh mereka yang menjual produk atau barang impor atau custom. Jadi, barang akan diproduksi atau dipesan setelah jadwal PO berakhir, kemudian barang akan dikirim setelah selesai diproduksi/ setelah barang jadi.

Restock = Kebanyakan orang menyamakan arti restock dengan ready stock padahal istilah tersebut artinya berbeda. Restock adalah istilah yang digunaan pada barang yang persediaannya masih ada atau siap setelah mengalami out of stock.

Out Of Stock = adalah istilah yang digunakan untuk keadaan barang yang sudah habis persediaannya.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online yang Efektif dan Efisien

Supplier = istilah yang digunakan untuk orang yang menyediakan atau memberikan pasokan barang untuk disalurkan ke penjual. Supplier bisa dibilang sebagai tangan pertama dalam rantai penjualan.

Reseller = merupakan sebutan untuk para penjual yang menjual barang kepada orang lain, namun bukan supplier. Bisanya sudah merupakan tangan ke-3 dsb. Setelah terjadi pembelian biasanya reseller akan diberi harga diskon khusus agar mereka bisa menjual barangnya kembali dengan harga normal. Perbedaan antara reseller dengan supplier adalah jumlah barang yang dibeli, biasanya reseller membeli barang dalam jumlah sedikit sedangkan seller pembelian barangnya dalam jumlah yang banyak.

Dropship = adalah istilah yang diberikan pada mereka yang menjadi reseller namun barangnya tidak ada di tangan reseller. Pada sistem dropshiper, pihak ke-2 biasanya akan menjual barang milik pihak ke-1. Setelah mencapai kesepakatan pihak ke-2 akan mengirimkan barang kepada pihak ke-3.

Masih banyak istilah dunia online shop yang banyak digunakan dalam kegiatan bisnis online, seperti: testimonial, sold, trusted, down payment (DP), no booked system dsb.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *