Tetap Bugar dan Sehat Selama Hamil dengan Tips Olahraga Berikut Ini!

Tak sedikit dari ibu hamil yang merasa malas berolahraga saat hamil, ada banyak alasan yang mereka kemukakan, mulai dari tidak ada waktu hingga takut keguguran. Padahal ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan berolahraga di tengah masa kehamilan Anda. Anda tak perlu takut akan keguguran jika Anda melakukan olahraga dengan benar. Bahkan olahraga selama hamil sangat dianjurkan karena dapat membuat tubuh Anda tetap bugar, sehat dan tetap produktif. Ini dia beberapa tips olahraga selama hamil:

  • Mulailah dengan berjalan kaki.

Salah satu olahraga terbaik dan mudah dilakukan saat hamil adalah dengan jalan kaki. Jalan kaki memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah serta membantu tubuh Anda tetap fit. Sangat disarankan bagi para ibu hamil untuk berjalan kaki setidaknya selama 30 menit setiap hari. Lakukan olahraga jalan kaki dengan memakai sepatu olahraga yang nyaman, membawa air minum dan hindari jalur yang menanjak. Berhenti sejenaklah di tengah-tengah 30 menit tersebut untuk istirahat dan minum air.

 Baca Juga: TIPS OLAHRAGA MEMILIH WAKTU YANG TEPAT KETIKA SEDANG PUASA

  • Lakukan renang.

Siapa bilang ibu hamil tak boleh berenang? Bahkan ahli kesehatan sepakat bahwa berenang merupakan salah satu olahraga yang terbaik bagi para wanita, khususnya ibu hamil. Berenang sangat bermanfaat untuk melatih otot kaki dan tangan serta membantu menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang mengalami overweight selama masa kehamilan. Tips olahraga berenang bagi ibu hamil: gunakan pakaian renang yang sesuai dan lakukan gaya dada yang tidak memerlukan banyak tenaga. Sama seperti dengan olahraga berjalan kaki, lakukan renang setidaknya 30 menit sehari diselingi dengan istirahat pada 15 menit pertama.

  • Ikuti kelas senam hamil.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang karena tidak bekerja, Anda bisa mengisi waktu luang Anda dengan mengikuti kelas senam hamil. Senam hamil bermanfaat selain untuk menambah kebugaran selama hamil, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan ibu hamil lainnya. Sehingga bisa Anda gunakan untuk memperkaya pengetahuan Anda dengan berbagi pengalaman satu sama lain. Senam hamil bertujuan untuk melenturkan sekaligus menguatkan otot-otot tubuh yang bermanfaat untuk persiapan proses persalinan.

  • Olahraga sekaligus meditasi dengan yoga.

Sama seperti kelas senam hamil, Anda bisa mengikuti kelas yoga dengan para ibu hamil lainnya dengan tujuan untuk menjaga kebugaran selama Anda hamil sekaligus sebagai sarana untuk meditasi dan relaksasi diri. Yoga dapat melatih pernafasan Anda yang diperlukan pada saat proses persalinan. Manfaat yang bisa diperoleh dari meditasi dan relaksasi ini juga untuk menekan tingkat stress sebelum dan sesudah melahirkan. Dengan melakukan tips olahraga yang baik dan benar akan membantu Anda tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan dan menyusui.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *