Tips Belanja Online yang Aman dan Terpercaya

Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat dan penyebarannya yang semakin luas, kini banyak orang yang mulai melek internet, dan bahkan menjadikan internet sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka. Salah satu dampak dari perkembangan internet adalah perubahan mendasar dalam kehidupan masyarakat, misalnya terkait dengan kegiatan jual beli. Saat ini, kegiatan jual beli online seakan sudah menjadi trend dan berkembang menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat, khsusunya para pengguna internet. Berbelanja online memang menawarkan berbagai kemudahan dalam hal transaksi, sehingga pembeli merasa lebih nyaman. Namun, masih banyak sekali orang yang enggan berbelanja online karena berbagai alasan, salah satunya adalah khawatir tertipu atau barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan. Berikut ini akan dibahas tentang tips belanja online yang aman dan terpercaya.

  • Pilih Toko Online yang Terpercaya

Di internet, terdapat ribuan toko online yang menjual berbagai jenis barang. Namun, di antara ribuan toko online tersebut, tidak sedikit toko online yang dibuat pihak-pihak tertentu dengan tujuan untuk menipu orang lain dan hanya memperoleh keuntungan sepihak. Oleh sebab itu, para pembeli online harus hati-hati dalam berbelanja agar tidak tertipu. Tips belanja online yang paling aman adalah dengan memilih toko online yang terpercaya, yaitu toko online yang memiliki banyak pelanggan dan tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Toko online yang memiliki banyak pelanggan berarti pelayanannya tidak diragukan lagi.

  • Pilih Toko Online yang Identitasnya Jelas

Jika enggan berbelanja di toko online terpercaya karena beberapa alasan, Anda bisa berbelanja online di toko online yang dikelola perorangan namun identitasnya jelas. Banyak sekali toko online skala perorangan yang hanya mengandalkan situs media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram. Jika memang ingin berbelanja di toko online perorangan tersebut, pilihlah toko online yang identitasnya jelas, mulai dari nama penjual, alamat penjual, dan nomor yang bisa dihubungi. Jika perlu, carilah toko online yang penjualnya menunjukkan data dirinya dengann jelas, mulai dari foto bahkan KTP. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu dengan barang pesanan Anda di kemudian hari, Anda dapat mengkonfirmasi ke penjualnya tersebut.

  • Meminta Jaminan ke Pihak Penjual

Salah satu kekhawatiran terbesar dari orang yang berbelanja online adalah barang yang dibeli dan sampai ke alamat si pemesan ternyata tidak sesuai dengan pesanan, atau barang yang dibeli tersebut sampai di alamat si pemesan dalam keadaan yang sudah tidak bagus, baik rusak atau bahkan pecah. Oleh sebab itu, mintalah jaminan kepada pihak penjual bahwa barang yang Anda pesan tersebut benar-benar berkualitas, dan selama masa pengiriman, barang tersebut masih dalam tanggung jawab si penjual. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu dengan barang yang Anda pesan, Anda bisa minta ganti. Itulah tips belanja online yang aman dan terpercaya agar Anda tidak tertipu dan merasa rugi.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *