Tips Berhemat, Mengatur dan Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga harus jeli dan cerdas mengatur keuangan. Ibu rumah tangga adalah manajer dalam keluarga dalam urusan mengatur berbagai hal menyangkut kebutuhan keluarga. Namun mengatur keuangan bukanlah hal mudah, apalagi ibu harus kreatif mengatur belanja agar tidak boros. Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips berhemat, bagaimana cara mengelola pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga.

Buat Laporan Anggaran Belanja

Masalah keuangan dalam rumah tangga seringkali bukan karena penghasilan yang kurang namun kebiasaan, gaya hidup dan cara yang salah dalam mengatur, mengelola uang. Dalam rumah tangga merencanakan pengeluaran dan mengatur keuangan merupakan hal yang penting.

Banyak ibu rumah tangga yang mendapatkan pemasukan dengan jumlah besar namun belum habis bulan uang sudah habis. Jika seorang ibu tidak bisa megatur keuangan bisa menyebabkan masalah dengan suami.

Tips berhemat yang pertama harus dilakukan adalah membuat laporan anggaran belanja bulanan. Dengan memiliki catatan tersebut Anda membantu Anda menentukan apa saja jenis pengeluaran setiap bulannya.

Selain itu Anda bisa mengetahui kondisi keuangan dan dijadikan bahan evaluasi. Misalnya apakah bulan ini pengeluaran lebih besar dari bulan kemari atau lebih kecil.

Gunakan Sistem Amplop, Memisahkan Dana Berdasarkan Masing-Masing Pengeluaran

Tentu Anda pernah melakukan pengeluaran dari dana yang penting untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan sistem bagi-bagi amplop yaitu dengan cara memisah-misahkan angagran yang dibutuhkan.

Baca Juga:TIPS LIBURAN MENYENANGKAN DI RUMAH BERSAMA ANAK

Contohnya: dana untuk anak sekolah, untuk bayar listrik, untuk belanja kebutuhan pokok dan lain sebagainya. Pisahkan setiap jenis pengeluaran pada amplop yang berbeda. Dengan sistem ini mencegah dan mengontrol Anda menggunakan dana lain.

Usahakan Bisa Menyisihkan Uang dengan Menabung

Cara yang paling tepat dan terbaik dalam mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga adalah dengan cara menabung. Jika ada uang sisa dari pemasukan bulanan Anda bisa tabungkan.

Menabung tidak harus selalu di bank. Anda bisa menabung di rumah menggunakan celengan. Jika kegiatan menabung dilakukan secara rutin, suatu saat hasilnya akan banyak dan bisa digunakan untuk hal yang berguna.

Jangan Boros dan Hindari Membawa Uang Tunai dalam Jumlah Banyak

Hindari mengeluarkan hal-hal atas dasar keinginan. Keinginan membeli sesuatu bisa menjadi godaan yang besar. Anda harus bisa mengendalikan diri dan bijak dalam berbelanja. Inga, membeli barang-barang yang tidak penting bisa menyebabkan kondisi keuangan lebih buruk.

Jangan mudah terpengaruh dan coba mengalah dengan diri sendiri dan dahulukan membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak tergoda, sebaiknya bawa uang tunai dengan jumlah secukupnya saja. Demikian tips berhemat, mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga. Semoga bermanfaat!

Be Sociable, Share!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *