Tips Jitu Mengenali Berita Internet yang Hanya Hoax atau Benar

Kemudahan akses internet membuat segala macam jenis berita mudah beredar dengan luas. Siapa saja bisa membuat berita, yang ternyata belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya atau bahkan tidak memenuhi kaidah jurnalistik. Media sosial adalah salah satu media yang paling sering dan paling mudah digunakan untuk menyebarkan beragam berita. Dan tidak jarang, sejumlah berita hoax atau palsu beredar dan meresahkan banyak orang. Karenanya, Anda harus tahu benar mana berita yang benar atau berita hoax. Berikut ini tips jitu mengenali berita internet yang hanya hoax atau benar.

Kenali Situs Sumber Berita

Semua orang bisa membuat situs berita. Siapa saja bisa membuat berita apapun dan sumber apapun. Jadi, agar tidak terjebak dengan berita hoax, kenali dulu situs sumber berita. Ada banyak situs berita yang memang telah teruji kebenarannya. Tetapi jika Anda menemukan berita yang berasal dari situs tidak terkenal, masih bertrafik kecil atau bahkan tidak jelas sumbernya, Anda pantas curiga terhadap berita itu. Cek dan pelajari lagi juga postinga yang selama ini ada di situs tersebut. Jika Anda menemukan banyak kejanggalan, ada kemungkinan berita yang disebarkan pun tidak dapat dipercaya.

Hindari Website Mencurigakan

Sebelum mempercayai sebuah berita atau menyebarkannya, sebaiknya kenali dan cek lagi asal usul berita itu. Apabila Anda menemukan berita atau informasi dari situs yang ternyata mencurigakan, sebaiknya jangan langsung disebarkan begitu saja. hindari benar membagian berita dari situs yang tidak dikenali agar kabar hoax itu tidak menjadi viral.

Baca Juga: 12 TIPS JITU MENDAPATKAN INFORMASI TERKINI LEWAT GOOGLE

Periksa Berita dalam Bahasa Inggris

Sejumlah berita palsu atau hoax bisa berasal dari luar negeri. Jadi, untuk mengetahuinya Anda bisa memeriksa apakah artikel yang dicurigai hoax itu muncul di situs-situs asing. Berita hoax telah dibuktikan kebohongannya oleh situs luar negeri, namun bisa saja penyebar hoax lokal mengangkatnya kembali.

Lakukan Cek Silang

Suatu berita kadang disebarkan oleh sejumlah media sekaligus. Untuk bisa mengetahui berita itu hoax atau tidak, Anda bisa melakukan cek silang. Artinya, lakukan telusur pada sejumlah sumber berita sekaligus, bisa sampai lima atau sepuluh sumber berita untuk tema yang sama dan lihat konsistensi beritanya. Apakah konsisten atau banyak mengandung opini si pembuat sehingga keasliannya makin kabur. Pada saat melakukan penelusuran, jangan lupa cek juga situs-situs pemuat berita apakah memang terpercaya atau Cuma abal-abal.

Berita internet hoax atau palsu memang sangat sering membuat resah masyarakat luas. Tidak jarang, bisa juga memicu masalah lain yang lebih besar lagi. Apalagi salah satu ciri khas pengguna media sosial adalah mudah menyebarkan dan berkomentar. Ini juga akan membuat berita hoax makin sulit dicegah serta dihindari. Sekali lagi, hati-hati dalam menyebarkan serta berkomentar pada suatu artikel atau berita agar Anda terhindar dari berita hoax.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *