Tips Liburan Bersama Buah Hati Yang Masih Balita

Menghabiskan liburan bersama buah hati yang masih bayi atau balita merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Sebagai orang tua sudah tentu dituntut untuk berhati-hati dan memperhatikan hal-hal kecil yang kadang terlupakan. Berikut ini kami akan membagikan tips liburan bersama buah hati yang masih balita. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Bagi sebagian keluarga menghabiskan liburan bersama balita di tempat wisata merupakan hal yang merepotkan. Sebelum memiliki anak, mungkin liburan menjadi agenda yang sering dilakukan bersama pasangan. Namun setelah memiliki anak, mungkin Anda dan pasangan berpikir dua kali mengajaknya liburan. Khawatir an ketakutan kadang menjadi bahan pertimbangan yang membuat Anda selalu menunda liburan.

Sebenarnya memiliki anak bukan penghalang pergi liburan, hanya saja ada beberapa kebiasaan yang harus disesuaikan karena ada anak. Nah simak tips liburan di bawah ini yang bisa membuat moment liburan bersama si kecil menjadi sangat menyenangkan.

Siapkan Perencanaan Jauh-Jauh Hari

Sebaiknya liburan direncanakan jauh-jauh hari agar tidak repot. Misalnya merencanakan liburan minimal 3 bulan sebelumnya. Hal ini membantu Anda membuat perencanaan dan mempersiapkan perlengkapan. Selain itu Anda bisa dengan leluasa memilih transportasi. Jika transportasi yang digunakan adalah milik pribadi, persiapkan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Persiapkan Peralatan Buah Hati

Karena membawa si kecil, otomatis barang bawaan akan lebih banyak. Sebaiknya buat daftar apa saja yang harus dibawa dan jangan ngedadak. Anda bisa menyiapkan peralatan si kecil seminggu sebelum berangkat, untuk mencegah ada barang yang tertinggal. Berikut ini beberapa barang yang wajib dibawa:

  • Stroiller

Membawa stroiler tidak hanya membuat Anda nyaman saat berjalan-jalan, namun bisa membuat bayi lebih nyaman tidur dibandingkan digendong.

  • Gendongan Kangguru

Gendongan ini sangat berguna jika Anda harus menyusui buah hati di tempat umum. Selain itu gendongan ini bisa membuat si kecil tetap hangat.

  • Pakaian

Bawa pakaian (atasan dan bawahan) dengan jumlah yang sesuai dengan lamanya waktu menghabiskan liburan. Jangan sampai si kecil kekurangan baju. Selain itu bawa juga peralatan lainnya, seperti: selimut, kaos kaki dan topi/ kupluk.

  • Obat-obatan

Bawa obat-obatan untuk jaga-jaga jika si kecil tidak enak badan. Misalnya: obat flu, batuk, penurun panas dsb. Jangan lupa selalu bawa thermometer.

  • Mainan

Mainan wajib dibawa, apalagi mainan yang menjadi kesayangan buah hati Anda. Mainan membantu mengurangi rasa bosan selama perjalanan.

  • Perlengkapan lain

Ada beberapa perlengkapan lainnya yang harus dibawa, seperti: tisu basah, minyak telon, pelembab bayi, pembersih telinga dsb.

Masih banyak tips liburan dengan harapan dapat membantu Anda menikmati liburan yang menyenangkan bersama buah hati Anda, yaitu: menyiapkan waktu ekstra, menyesuikan dengan jadwal bayi, mempersiapkan bekal makanan dsb.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *