Tips Liburan: Inilah Cara Hemat Uang Saat Anda Travelling

Liburan tentu menjadi momen yang begitu didambakan oleh hampir semua orang. Dengan liburan, mengunjungi tempat baru, suasana baru dan kuliner baru, maka semua stres yang ada di pikiran seolah bisa terbang bersama angin. Namun kebanyakan orang kerapkali lupa diri ketika liburan dan menghabiskan banyak uang untuk hal-hal yang sebetulnya tidak diperlukan sehingga kehabisan uang sepulang dari liburan. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya menerapkan cara hemat liburan dengan tips liburan berikut ini:

  • Siapkan rencana liburan secara detil

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan rencana dan segala halnya secara lebih detil. Memang liburan secara spontan akan menyenangkan, namun bisa jadi persiapan yang kurang justru kerapkali membuat Anda mengalami hal tak terduga. Untuk itu rencanakan mulai dari tempat yang akan digunakan menginap, alat transportasi dan biayanya, tiket masuk tempat wisata, uang makan dan lain sebagainya.

  • Numpang menginap, jika memungkinkan

Menginap di hotel tentu akan sangat menghamburkan uang, terlebih Anda lebih banyak menghabiskan waktu di tempat wisata dan bukan hotelnya. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih hostel atau penginapan murah. Bahkan jika memungkinkan trik hemat selanjutnya adalah mencari tumpangan menginap dengan menghubungi teman atau saudara yang tinggal di kawasan tempat tujuan liburan Anda

  • Wisata kuliner tanpa perlu ke restoran

Selama berwisata ke kota atau negara baru, tentu Anda wajib untuk mencoba makanan asli dari daerah tersebut. Untuk bisa mencoba semua makanan tanpa membuat kantong jebol maka tips liburan selanjutnya untuk menghemat adalah, jauhi restoran yang mahal. Anda akan tetap bisa mencicipi makanan khas kota tujuan meski hanya di pinggir jalan atau pedagang lokal sehingga bisa lebih menghemat uang.

  • Bawa makanan sendiri

Pastikan untuk membawa makanan instan seperti mi instan, abon hingga sereal yang tahan lama selama perjalanan Anda. Anda bisa menjadikan makanan yang Anda bawa tersebut untuk sarapan jika memang tempat menginap tidak menyediakannya. Selain itu, Anda setidaknya juga bisa menghemat satu kali waktu makan bukan?

  • Kurangi pengeluaran remeh

Umumnya pengeluaran remeh ini adalah pengeluaran yang nominalnya kecil, namun justru kerapkali membuat biaya menjadi membengkak. Beberapa contoh pengeluaran remeh adalah biaya laundry, bayar parkir, membeli air minum dan lain sebagainya yang ketika ditotal bisa mencapai beberapa puluh ribu. Untuk menghematnya, lebih baik cuci sendiri baju, parkir di satu tempat untuk banyak tempat wisata hingga minum air dari penginapan.

Itulah beberapa cara menyiasati keuangan selama Anda berliburan. Mungkin penghematan yang dilakukan dengan tips liburan tersebut terasa sederhana, namun jika diperhitungkan kembali akan memberikan efek yang cukup signifikan dalam menekan pengeluaran.

 

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *