Tips Liburan: Menghemat Anggaran Saat Liburan

Liburan Natal dan akhir tahun sudah di depan mata. Anda bisa merencanakan traveling saat liburan dengan cara yang lebih hemat. Tips liburan sederhana ini akan membantu Anda untuk menghemat anggaran saat liburan, termasuk saat berpergian ke luar negeri. 

  • Perencanaan

Liburan tanpa perencanaan hanya cocok jika dilakukan pada saat low season, artinya di saat kebanyakan orang tidak melakukan hal yang sama. Karena saat itulah hotel dan maskapai penerbangan memberikan diskon besar-besaran. Berbeda ketika Anda liburan saat high season. Semua hotel dan tiket pesawat dipastikan lebih mahal dari biasanya. Tapi, Anda tetap bisa liburan hemat meskipun saat high season. Kuncinya adalah dalam perencanaan. Cari informasi sebanyak-banyaknya wisata gratis, review hotel murah terbaik hingga restoran yang memberikan potongan harga khusus saat liburan di tempat yang Anda tuju. Semua bisa dilakukan dengan perencanaan yang baik.

  • Terbang ke Bandara terdekat

Harga tiket pesawat ke kota tujuan paling populer biasanya meningkat. Tak perlu khawatir karena Anda bisa memilih kota terdekat yang bisa dijangkau tetap dengan pesawat. Selain lebih murah, Anda bisa menyambungnya melalui jalur darat. Sebagai bonus, Anda bisa mendapatkan tambahan pengalaman wisata yang berbeda.

  • Ambil Penerbangan Paling Pagi atau Paling Malam

Meskipun harus bangun pagi dan tidur telat, tapi penerbangan paling pagi dan penerbangan paling malam cenderung tidak terlalu banyak dipilih oleh penumpang. Wisatawan biasanya ingin berangkat sedikit lebih siang dan tidak terlalu sore. Anda tetap bisa menabung tidur saat dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang.

  • Tukar mata uang asing via ATM

Tips liburan berikutnya adalah mengetahui tempat penukaran uang di bandara tujuan terkadang tidak lebih murah jika Anda mengambil uang di ATM. Bank menggunakan kurs real time sehingga selisihnya bisa lebih murah. Bank akan mengkonversi mata uang asing sesuai dengan jumlah uang yang Anda butuhkan.

  • Makan siang lebih penting dari makan malam

Ketahuilah bahwa restoran di tempat wisata selalu penuh pada saat makan malam. Tak heran jika beberapa restoran di luar negeri selalu memberikan potongan harga untuk makan siang. Jangan malu untuk bertanya tentang potongan harga makanan.

  • Cari kuliner lokal

Tak harus selalu makan di restoran mahal. Banyak kuliner kaki lima di pinggir jalan yang menyajikan kuliner tak kalah lezat dengan harga bersahabat. Namun, pastikan kebersihannya terlebih dahulu agar Anda tidak sakit perut setelahnya.

  • Gunakan diskon tiket pesawat

Pastikan berburu tiket pesawat murah dari Online Travel Agent terpercaya seperti Reservasi.com yang memberikan promo tiket pesawat dan hotel terbaik setiap harinya. Anda bisa mendapatkan diskon mulai dari 10 persen hingga 1 juta rupiah.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *