Tips Liburan Murah ke Luar Kota

Liburan merupakan suatu keadaan di mana seseorang membebaskan dirinya dari rutinitas pekerjaan dan kegiatan sehari-hari yang cenderung stagnan. Dalam suatu waktu, seseorang perlu meluangkan waktunya untuk berlibur, mendatangi tempat-tempat baru yang asing atau lebih tenang untuk mendapatkan pengalaman baru atau sekadar menenangkan diri dari semua masalah sehari-hari. Berlibur akan membuat pikiran lebih tenang dan merupakan kebutuhan sekunder setiap orang. Masing-masing orang memiliki tempat favorifnya sendiri untuk menghabiskan waktu liburannya. Salah satu tempat tujuan wisata yang paling banyak dipilih adalah liburan ke luar kota. Kota tempat tinggal yang cenderung stagnan tentu dapat membuat seseorang bosan dan tidak akan memberikan kesan atau sesuatu yang baru. berbeda halnya dengan berlibur ke luar kota, banyak hal-hal baru yang bisa diperoleh, baik selama di perjalanan maupun di tempat tujuan. Berikut ini adalah beberapa tips liburan murah ke luar kota.

Memilih Naik Kendaraan Umum

Salah satu keluhan terbesar ketika seseorang berlibur ke luar kota adalah beaya yang besar yang tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan liburan di kota tempat tinggal. Namun sebenarnya, beaya liburan ke luar kota bisa ditekan seminimal mungkin. Salah satunya adalah dengan memilih naik kendaraan umum. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa naik kendaraan pribadi akan lebih murah, terutama dari segi uang bensin. Padahal sebenarnya, liburan ke luar kota dengan kendaraan pribadi bisa jadi akan jauh lebih mahal. Hal ini terjadi karena mindset yang terbangun dalam pikiran. Jika naik kendaraan pribadi, seseorang cenderung malu untuk makan di tempat yang murah dan malu menginap di penginapan yang murah. Niatan awal untuk liburan murah justru akan membengkak. Naik kendaraan umum merupakan tips liburan yang sangat dianjurkan, selain lebih hemat tenaga, kita bisa berinteraksi dengan banyak orang dan mendapatkan kenalan baru. Syukur-syukur jika kita mendapatkan pengalaman dan ilmu baru selama perjalanan.

Jangan Gengsi dalam Hal Apapun

Faktor utama yang membuat seseorang lebih boros ketika liburan ke luar kota adalah faktor gengsi. Misalnya, ia gengsi ketika naik kendaraan umum, atau ia gengsi jika makan di tempat yang murah, dan gejala gengsi lainnya. Gengsi akan membuat seseorang cenderung ingin menunjukkan kemampuan dirinya, salah satunya dengan membeli barang yang mahal atau menginap di tempat yang mahal. Tujuan utama liburan hemat adalah refreshing dengan budjet seminimal mungkin, bukan pamer mengumbar harta atau kekayaan.

Merencanakan Liburan Sejak Jauh Hari

Liburan secara dadakan akan membuat seseorang lebih boros. Selain harga tiket yang jauh lebih mahal jika dipesan secara mendadak atau dekat dengan hari H, orang yang liburan dadakan biasanya tanpa konsep, bahkan tidak sedikit yang menentukan lokasi liburan setelah tiba di kota tujuan. Hal tersebut tentu akan membuat seseorang lebih boros. Untuk itu, merencanakan liburan sejak jauh hari secara matang merupakan tips liburan yang dianjurkan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *