Tips Liburan Saat Bulan Ramadhan

Saat bulan puasa, bukan berarti menghentikan aktivitas. Bahkan salah satunya adalah traveling. Kegiatan traveling bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat liburan bulan ramadhan. Ada beberapa tips liburan saat bulan puasa agar tubuh tetap fit, ibadah lancar dan liburan tetap menyenangkan.

  • Istirahat Yang Cukup

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya istirahat dengan cukup agar keesokan harinya badan segar dan daya tahan tubuh kuat. Sehingga Anda siap untuk melakukan perjalanan menuju destinasi wisata sambil berpuasa.

  • Persiapkan Sejak Shaur

Agar tubuh lebih kuat dan berstamina, perhatikan asupan makanan dimulai saat sahur. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, selain itu minum air putih minimal 8 gelas perhari. Jangan lupa konsumsi vitamin untuk menjaga stamina selama berlibur.

  • Bawa Air Mineral

Tips liburan saat puasa berikutnya adalah menyiapkan air mineral. Hal ini penting untuk membatalkan, jika sewaktu-waktu harus berbuka puasa dalam perjalanan. Siapkan juga makanan yang manis.

  • Pilih Destinasi Wisata Yang Tepat

Pilih tempat wisata yang tidak membutuhkan banyak energi, karena Anda dalam kondisi sedang berpuasa. misalnya pilih yang tidak terlalu jauh dengan medan yang tidak begitu melelahkan. Dengan demikian diharapkan dapat menghindari terkena dehidrasi dan puasa Anda tetap lancar dan tamat hingga waktu berbuka.

Baca Juga: TIPS LIBURAN BERSAMA KELUARGA AGAR EFEKTIF

Anda bisa pilih tempat wisata religi sambil liburan dapat menambah pengetahuan mengenai agama islam. Selain itu, keuntungan berlibur saat bulan puasa Anda bisa melakukan shalat berjamaah magrib dan tarawih di mesjid yang belum pernah dikunjungi.

  • Waktu Perjalanan

Anda bisa melakukan perjalanan saat matahari tidak terlalu terik dan udara masih segar jadi energi yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Anda bisa melakukan perjalanan saat sore atau pagi hari. Sambil menikmati perjalanan bisa sambil mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran atau mendengarkan ceramah dari smartphone milik Anda. Namun sebelumnya download terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan.

  • Peralatan Liburan

Jika aktivitas liburan lebih banyak dilakukan di luar ruangan sebaiknya persiapkan perlengkapan pelindung kepala agar tidak langsung terkena paparan sinar matahari, seperti: topi atau payung. Jangan sampai lupa membawa perlengkapan ibadah, agar bisa melaksanakan ibadah di tempat wisata tujuan. Anda bisa membawa mukena atau sarung yang bahannya praktis bisa dilipat kecil dan Al-Quran ukuran saku.

  • Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, makan atau minum yang manis dulu untuk mengganti energi yang sudah terbuang selama perjalanan. Makan secukupnya, lalu lanjutkan dengan shalat magrib dan istirahat sejenak sebelum Anda melanjutkan ke destinasi selanjutnya.

Dengan mengikuti tips liburan saat bulan puasa di atas, diharapkan Ibadah puasa Anda dan libuan senantiasa lancar dan tetap menyenangkan. Selalu persiapkan perjalanan liburan beberapa haris sebelum keberangkatan. Seperti: pemesanan tiket, hotel dan peralatan yang akan dibawa, agar perjalanan jadi lebih nyaman.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *