Tips Liburan Selama Berpuasa Agar Tak Mudah Lelah

Datangnya bulan ramadhan selalu disambut dengan sangat baik oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas memang beragama islam, tak jarang diantaranya yang mulai mengurangi aktivitas mereka dan lebih meningkatkan kepada ibadah. Karena di bukan ini nilai pahala yang diberikan untuk berbagai jenis ibadah akan meningkat berkali-kali lipat lebih banyak. Namun bagaimana dengan kebiasaan sering travelling kemanapun, apakah ramadhan juga menghalangi kegiatan Anda tersebut. Nyatanya tak menjadi masalah meskipun Anda senang berwisata. Asalkan tau tips liburan selama berpuasa dengan benar.

Liburan memang selaku identik dengan perjalanan, tak jarang juga diantaranya yang harus menghabiskan banyak waktu dan juga tenaga Anda. Beberapa diantara Anda mungkin akan mengalami rasa lemas, karena asupan nutrisi sendiri sangat kurang ketika tengah menjalankan ibadah puasa ini. Bahkan tak sampai berjam-jam tubuh sudah ingin tidur kembali. Untuk itulah maka setidaknya ketahui terlebih dahulu sedikit tips liburan selama puasa agar tubuh selalu bugar, diantaranya adalah:

Baca Juga: Tips Travelling ke Luar Negeri yang Cocok untuk Anak Muda

  1. Ketika sahur, maka konsumsilah makanan-makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Makanan dengan kandungan gizi tinggi dan juga seimbang pastinya akan membuat tubuh mendapatkan kecukupan energi, bahkan jikapun tak makan selama kurang lebih 12 jam. Tak akan membuat Anda menjadi lemas. Namun hindari beberapa jenis menu makanan seperti gorengan ataupun makanan yang terlalu asin untuk kebutuhan sahur Anda.
  2. Pastikan untuk membawa perlengkapan ibadah sendiri selama akan melakukan wisata, beberapa jenis perlengkapan ibadah yang agaknya memang wajib untuk Anda bawa adalah mukena bagi kaum hawa. Tak harus yang ukurannya besar dan berat, cukup jenis parasut lebih praktis, ditambah dengan sajadah, sedangkan bagi kaum adam, cukup dengan membawa sarung dan sajadah saja. Jadi dimanapun tempatnya Anda bisa tetap menjalankan ibadah selama wisata.
  3. Tetap membawa air mineral dalam jumlah yang cukup, karena pastinya Anda tak akan pernah tau nantinya sedang berada dimana ketika sudah mulai adzan berbuka. Air mineral tersebut sebenarnya juga sebuah cadangan ketika tubuh benar-benar sudah tak kuat dalam menjalankan ibadah, maka dapat membatalkannya.
  4. Sebaiknya hindari memilih kegiatan wisata yang terlalu menguras fisik atau tenaga Anda, seperti diantaranya adalah dengan menaiki gunung, ini adalah jenis wisata yang memakan banyak tenaga dan juga pastinya membuat Anda merasa mudah lelah.
  5. Pastikan untuk langsung berbuka ketika sudah memasuki jamnya, cukup diawali dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu, misalnya saja es teh atau mungkin buah kurma, untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Itulah setidaknya ada sedikit tips liburan bagi Anda yang memang sedang menjalankan ibadah puasa, bukan halangan ketika ingin berwisata ketika ramadhan.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *