Tips Liburan Seru dan Menyenangkan Tanpa Takut Dompet Terkuras

Bagi kebanyakan orang, pergi liburan memang sudah menjadi salah satu agenda rutin saat sedang off kerja atau kuliah. Entah saat akhir pekan maupun saat tanggal merah. Liburan yang menyenangkan tidak melulu harus ke Bali atau pergi ke luar negeri. Berlibur di kota tempat kita tinggal atau kota lain di pulau yang sama juga tak kalah menyenangkan. Dengan mengikuti tips liburan di bawah ini, Anda bisa menikmati liburan mengasyikkan tanpa perlu takut dompet jebol:

  • Lakukan survey destinasi liburan.

Sebelum Anda pergi berlibur, kemana saja tujuan Anda, ada hal yang wajib Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan survei untuk menentukan destinasi liburan Anda. Survey yang dimaksud adalah untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan destinasi wisata Anda sehingga Anda bisa memperkirakan berapa budget yang Anda butuhkan selama berlibur. Anda bisa mencari referensi liburan dari internet, media sosial maupun media massa cetak dan elektronik. Sangat direkomendasikan untuk Anda memilih destinasi liburan yang banyak obyek wisata alamnya.

  • Low atau high season?

Salah satu hal yang tak kalah penting dalam tips liburan ini adalah dengan mengetahui kapankah Anda akan pergi berlibur, apakah ketika itu low season atau high season. Sebab waktu liburan inilah juga sangat berpengaruh pada harga tiket perjalanan, ketersediaan kursi hingga reservasi hotel. High season biasa terjadi pada saat masa libur anak-anak sekolah, libur lebaran serta Natal dan Tahun Baru. Jika Anda bertujuan untuk refreshing, sebaiknya pilih waktu berlibur low season seperti saat long weekend atau dengan mengambil cuti.

Baca Juga: TIPS LIBURAN SELAMA BERPUASA AGAR TAK MUDAH LELAH

  • Pesan tiket jauh-jauh hari.

Bagi yang ingin bepergian dengan moda transportasi umum seperti kereta api atau pesawat terbang, sangat disarankan untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari. Membeli tiket jauh-jauh hari memberikan peluang ketersediaan harga tiket murah. Anda bisa mendapatkan tiket kereta api kelas ekonomi dengan harga yang murah namun fasilitasnya sudah lengkap atau tiket penerbangan dengan harga 10-30% lebih murah daripada harga tiket pada saat menjelang hari libur atau hari keberangkatan.

  • Pentingnya kenyamanan daripada kemewahan.

Jika Anda membutuhkan tips liburan dengan budget yang minim tentu Anda harus memahami bahwa kenyamanan itu jauh lebih penting dibandingkan kemewahan. Buang jauh-jauh sifat gengsi yang akan merusak liburan low-budget atau ala backpacker Anda. Anda harus rela tidur di hotel yang murah, berburu makanan murah di warung atau pedagang kaki lima, menggunakan transportasi umum atau menyewa sepeda motor maupun mencari obyek wisata yang murah. Dengan demikian, Anda tak perlu takut dompet jadi tipis setelah liburan. Saldo di ATM-pun tetap aman di tempatnya.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *