Tips Mencegah Pencurian Identitas di Dunia Online

Pencurian identitas di dunia online kerap terjadi dengan alasan apapun ataupun untuk tujuan tertentu. Karenanya, Anda perlu waspada terhadap pesan atau situs yang meminta informasi pribadi Anda. Seperti meminta nama pengguna, sandi, nomer jaminan sosial, nomer rekening bank, PIN, nomer kartu kredit, nama gadis ataupun ulang tahun Anda. jangan mengisi ataupun mengirimkan apapun yang berhubungan dengan informasi tadi tanpa Anda tahu jelas siapa yang meminta. Karenanya, Anda perlu menyimak tips mencegah pencurian identitas di dunia online berikut ini.

Hindari Masukkan Sandi pada Situs atau Tautan tidak Jelas

Jangan pernah memasukkan sandi ataupun informasi pribadi apapun pada situs yang tidak Anda kenal. Bahkan jika ini berasal dari tautan di email atau obrolan yang tidak Anda percayai. Lebih baik, lakukan pengecekan ulang terlebih dahulu mengenai situs atau tautan tadi. Bukalah situs secara langsung menggunakan bookmark atau mengetikkan alamatnya di browser.

Hindari Memberikan Sandi lewat Email pada pada Orang lain

Sandi atau pasword adalah kunci menuju layanan online milik Anda. Jika Anda menemukan email atau situs yang meminta Anda mengirim sandi lewat email, sebaiknya jangan ditanggapi.

Pun ketika ada orang lain yang meminta sandi Anda. Sandi adalah hal yang sangat penting. Anda harus pikirkan baik-baik sebelum memberitahukannya pada orang lain, meski itu keluarga atau teman dekat sekalipun. Kemungkinan akun Anda disalahgunakan makin besar jika Anda berbagi sandi pada orang lain. Bisa saja informasi Anda diakses untuk tujuan yang tidak benar.

Baca Juga: Tips Internet Aman

Hati-hati Saat Diminta untuk Online

Ada kalanya Anda diminta untuk masuk secara online pada situs web tertentu. Hati-hati saat menemukan hal ini. Periksa kembali sambungan Anda dengan situs web. Selain itu, pastikan juga URL yang ada aman. Periksa jika URL dimulai dengan https://, yang artinya sambungan Anda ke situs web dienkripsi dan lebih tahan terhadap gangguan atau intaian. Beberapa browser juga menyertakan ikon gembok pada bilah alamat yang ada di samping https:// untuk mengindikasikan bahwa sambungan dienkripsi dan Anda terhubung dengan lebih aman.

Melapor jika Menemukan Scam atau Email Mencurigakan

Jika Anda menemukan scam atau email mencurigakan, sebaiknya jangan ratu untuk melaporkannya. Sejumlah penyedia layanan surat elektronik memiliki layanan laporan ini. Dengan demikian, Anda sudah membantu memblokir pengguna tersebut agar tidak dapat lagi mengirimkan email kepada Anda dan membantu tim penyalahgunaan untuk menghentikan serangan serupa.

Demikian tadi Tips Mencegah Pencurian Identitas di Dunia Online yang dapat Anda coba di rumah. Identitas serta informasi pribadi Anda harus benar-benar dijaga agar tidak mengundang hal-hal berbahaya yang bisa merugikan Anda di masa sekarang dan di masa depan. Semoga berhasil.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *