Tips Olahraga Memilih Waktu yang Tepat Ketika Sedang Puasa

Ketika sedang puasa, tidak ada keharusan untuk berolahraga seperti hari biasanya. Bahkan apabila Anda tidak kuat untuk berolahraga sangat disarankan untuk tidak berpuasa daripada harus membatalkan puasa karena tidak kuat dengan olahraga yang dilakukan. Akan tetapi bagi yang ingin tetap berpuasa dan tetap berolahraga demi kesehatan maka ada beberapa tips olahraga yang bisa dilakukan ketika sedang berpuasa. Dimana kuncinya adalah memilih waktu yang tepat untuk dapat berolahraga sehingga ketika bulan puasa.

Waktu yang tepat pertama untuk dapat berolahraga saat puasa adalah ketika habis sahur. Sehabis sahur dan sholat subuh, biasanya seseorang masih mempunyai daya yang cukup untuk berolahraga seperti biasanya. Dengan berolahraga badan juga akan lebih sehat daripada malas-malasan dengan alasan karena sedang berpuasa. Padahal sebenarnya dengan pola makan yang telah berubah nantinya tubuh juga akan menyesuaikan diri sehingga tidak ada istilah lemas karena sedang berpuasa.

Apabila ketika pagi seseorang yang sedang masih mempunyai banyak kekuatan, maka tips olahraga selanjutnya untuk memilih waktu yang tepat ketika sedang berpuasa adalah saat sore hari. Hal ini sebaliknya dengan alasan pertama. Justru tenaga yang ada di sore hari akan semakin berkurang sehingga bisa dialihkan dengan olahraga. Anda dapat mencoba olahraga saat sebelum buka seperti mulai pukul setengah lima atau jam empatan.

 Baca Juga: GUNAKAN PAKAIAN PANJANG PADA SAAT OLAH RAGA

Alasan memilih olahraga ketika sore hari adalah sebagai berikut:

  • Dapat langsung berbuka puasa apabila tidak kuat sehingga memilih olahraga yang tepat dengan waktu menjelang buka puasa. Dimana ketika selesai berolahraga, maka langsung bisa makan dan minum sekalian berbuka puasa.
  • Berolahraga sambil menunggu waktu berbuka puasa sehingga tidak akan terasa karena biasanya jam 3-5 adalah waktu krusial dan lapar-laparnya untuk menunggu buka puasa. Sehingga olahraga bisa digunakan sebagai distraksi agar pikiran tidak selalu memikirkan buka puasa terus menerus.
  • Saat yang tepat karena cuaca juga mendukung sehingga tidak akan terlalu kepanasan untuk melakukan olahraga di luar.

Tips olahraga yang tepat selain memilih waktu yang tepat untuk olahraga yaitu saat pagi hari dan juga sore hari adalah dengan memilih jenis dan juga waktu olahraga. Apabila berpuasa, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan olahraga dengan kapasitas yang sama saat sedang tidak berpuasa. Karena apabila memaksakan diri maka bisa jadi tidak kuat dan malah membatalkan puasa tersebut. Sehingga akan lebih baik apabila memilih jenis olahraga yang ringan dan juga waktu olahraga yang dikurangi dari waktu biasanya. Misalnya apabila biasanya memakan waktu hingga 2 jam, maka cukup olahraga selama 1 jam saja sehingga tetap akan kuat menjalankan puasa. Daripada harus memaksakan diri dan tidak kuat ditengah jalan sehingga akan membatalkan puasa.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *