Tips Olahraga untuk Para Penderita Asma

Memiliki penyakit asma memang bukan hal yang mudah bagi penderitanya. Jika melakukan aktivitas terlalu keras sedikit saja, maka bisa berpotensi untuk membuat asma kambuh dan sesak melanda. Umumnya asma diawali dengan berbagi faktor pemicu seperti kelelahan, debu, bau tidak sedap, dingin dan masih banyak lagi. Namun jangan sampai karena asma, Anda menghindari olahraga karena tetap ada olahraga yang cocok untuk asma Anda. Namun ada baiknya jika mengetahui tips olahraga untuk penderita asma.

Berikut ini beberapa tips ketika melakukan olahraga bagi Anda yang menderita asma:

  • Pertama, jangan lupa untuk melakukan pemanasan setidaknya 15 menit saja sehingga paru-paru Anda tidak kaget dan siap sebelum olahraga.
  • Ketika cuaca sedang dinging, tutuplah mulut seta hidung dan pakailah masker. Dengan cara ini, maka udara dingin akan terhalang untuk masuk hingga ke paru-paru.
  • Hindarkan diri Anda dari berbagai pemicu asma karena asma tidak akan kambuh jika tanpa pemicunya.
  • Setelah selesai berolahraga, pastikan lakukan pendinginan setidaknya 15 menit sehingga suhu tubuh kembali normal.
  • Ikut lah dengan instruksi dokter terkait penggunaan obat asma baik sebelum maupun sesudah olahraga.
  • Jika Anda berolahraga bersama grup atau tim, maka pastikan teman atau pelatih tahu kondisi asma yang Anda idap.
  • Tambah kewaspadaan jika cuaca sedang dalam kondisi berkabut, dingin, berdebu hingga gersang.

 Baca Juga: 4 TIPS OLAHRAGA RUMAHAN BAGI REMAJA YANG INGIN SEHAT

Dengan melakukan beberapa tips olahraga untuk para penderita asma tersebut, maka kekambuhan asma akan bisa diminimalisir. Olahraga tetap penting bagi para penderita asma dan justru bisa jadi langkah menguatkan sistem metabolisme tubuh sehingga asma bisa lebih berkurang. Memang asma cenderung bukan penyakit yang dapat disembuhkan, namun dengan usaha yang tepat maka setidaknya asma akan bisa diminimalisir untuk kambuh sehingga tidak terlalu sering.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa jadi pilihan untuk para penderita asma:

  • Yoga – olahraga yang satu ini tidak terlalu keras dalam bergerak dan bahkan mampu melatih paru-paru dalam hal pernafasan. Dengan melakukan yoga, maka Anda bisa mengurangi ketergantungan terhadap obat asma Anda.
  • Jalan kaki – dibanding dengan jogging, olahraga jalan kaki lebih disarankan bagi pengidap asma. Biasakan jalan kaki di pagi atau sore hari untuk bisa meningkatkan stamina tubuh.
  • Berenang – olahraga renang sangat direkomendasikan bagi penderita asma karena mampu melatih sistem pada pernafasan dan mampu memperbaiki kerja dari otot.
  • Aerobic – olahraga ini sangat menyenangkan karena seperti menari. Lakukan olahraga aerobic seminggu dua kali dengan pilihan intensitas yang sedang.

Itulah tips olahraga beserta jenis olahraga yang bisa jadi pilihan untuk para penderita asma. Meskipun memiliki penyakit asma, namun olahraga tetap harus dilakukan agar tubuh senantiasa bugar dan paru-paru Anda lebih terlatih.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *