Tips Travel Ke Kawasan Gunung Talang

Gunung Talang saat ini menjadi salah satu gunung di Sumatra Barat yang menjadi opsi para travelier untuk mendaki. Namun, sebelumnya sebaiknya Anda membaca artikel ini. Karena di sini kami akan memberikan tips travel mempersiapkan beberapa hal agar tidak tersesat.

Seputar Gunung Talang

Tips travel yang harus diketahui adalah seputar gulung talang itu sendiri. Gunung talang adalah gunung yang terletak di Solok Sumatera Barat. Gunung ini memiliki pesona yang menarik untuk dinikmati, misalnya: menikmati hamparan awan, menikmati keindahan matahari terbit dan menikmati keindahan tiga danau.

Gunung yang masih aktif ini tercatat pernah meletus di tahun 1833, 2005 dan 2007. Bahkan kawah gunung Ralang memiliki ketinggian 2597 meter dari atas permukaan laut. Kepulan asap belerang keluar dari lubang kawah gunung.

Menuju puncak gunung, traveler bisa melihat hamparan perkebunan teh hijau yang menyegarkan. Selain itu, di sekitar gunung ada banyak bunga edelwis dan tumbuhan langka lainnya, seperti: tumbuhan pemakan serangga atau kantong semar.

Medan Pendakian

Dari kota Arosuka menuju gunung Talang sekitar kurang lebih 9 km. sedangkan dari bagian barat kota Padang, jaraknya sekitar 40 km. menuju ke desa terdekat bisa menggunakan transportasi kendaraan umum atau menyewa kendaraan. Jika Anda pilih sewa kendaraan bisa mencarinya di terminal Solok.

Baca Juga: Tips Traveling: Agar Aman Saat Solo Traveling

Sedangkan jika pilih menggunakan kendaraan umum bisa naik kendaraan jurusan ke Bukit Seleh yaitu turun ke desa Jorong Pasar. Setelah itu perjalanan dilanjukan ke desa terdekat yaitu Desa Barjajang yang letaknya di kaki gunung. Menuju desa bisa dengan cara jalan kaki atau menggunakan ojek.

Ada dua rute pendakian ke gunung yang bisa Anda pilih, yaitu dari desa Bukit Seleh atau Desa Batu Banjajang. Selama perjalanan, traveler akan disuguhkan permandangan perkebunan dan perbukitan yang sangat mempesona. Medan jalan yang dilalui masih landai dengan kondisi sudah di semen. Dalam waktu 60 menit atau setengah jam, traveler akan tiba di sumber mata air milik penduduk lalu hutan dengan tumbuhan menjalar dan ilalang.

Selama perjalanan sebaiknya traveler hati-hati karena masih banyak binatang pacat yang suka menempel di kaki. Selanjutnya, Anda akan melintasi sebuah lahan terbuka yang bisa digunakan untuk istirahat atau pasang tenda. Dari lahan tersebut menuju lokasi dibutuhkan waktu 20 menit.

Kondisi tanah di lokasi berupa bebatuan dengan rongga yang mengeluarkan asap. Traveler harus melakukan perjalanan menuju puncak 1. Di sana ada banyak tumbuhan edelwis, lalu Anda akan menikmati pemandangan danau yang luar biasa. Menuju puncak dari puncak 1 diperlukan waktu sekitar 60 meter. Medan tempuhnya lumayan terjal dengan tumbuhan-tumbuhan semak. Nah, setibanya di puncak Anda bisa memasang tenda dan menikmati keindahan alam dari puncak gunung Talang.

Itulah informasi mengenai tips travel ke kawasan Gunung Talang, semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *