Tips Traveling Aman Yang Wajib Traveler Ketahui

Ada banyak tempat di dunia ini yang menarik untuk dikunjungi, namun mungkin ada beberapa lingkungan yang Anda kunjungi yang tidak aman. Anda jangan khawatir karena ada tips traveling yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Berkut penjelasannya.

Cek Barang Bawaan

Saat akan meninggalkan tempat, biasakan untuk cek kembali barang bawaan. Seorang tevaler memungkinkan membawa banyak barang, sehingga lebih mudah lupa meninggalkan barang yang dibawa, misalnya: jaket atau majalah di tempat yang dikunjungi.

Taruh Uang di Beberapa Tempat yang Berbeda

Jika akan melakukan perjalanan sebaiknya jangan menyimpan semua uang, ATM dan kartu kredit dalam dompet. Sebaiknya pisahkan beberapa uang tunai di tempat yang berbeda. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika kehilangan dompet Anda masih memiliki uang tunai.

Bawa dua tas, tas pertama adalah ransel yang disimpan dipunggung untuk membawa barang-barang seperti: pakaian, celana, peralatan mandi dsb. Sedangkan tas kedua ukurannya lebih kecil dengan model diselempangkan, digunakan untuk menyimpan barang-barang primer seperti: dompet, ponsel, power bank, obat-obatan pribadi dsb.

Jangan Menyimpan Dompet di Saku Celana Belakang

Biasanya kebanyakan pria menyimpan dompetnya di saku belakang celana. Sebaiknya hal ini dihindari saat melakukan travelling. Hal ini untuk menghindari kecopetan. Sebaiknya taruh dompet di saku depan atau di saku jaket bagian dalam.

Scan / Foto Copy Semua Kartu Identias

Scan kartu identitas seperti: KTP, Paspor, Visa Sim dsb dan file hasil scan di smartphone dan email. Atau fotocopy kartu identias dan kartu penting lainnya lalu simpan di dalam satu tempat di tas.

Jangan Mudah Percaya

Saat mendatangi suatu tempat sudah sewajarnya Anda tidak mudah percaya dengan orang yang baru Anda kenal. Namun ada beberapa pendekatan dan batasan yang harus diingat, misalnya: jika mengunjungi tempat yang beresiko, Anda bisa saja mempercayai penduduk lokal agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa mendapatkan bantuan.

Baca Juga: 7 TIPS LIBURAN KE BALI DENGAN HARGA MURAH

Jangan Pamer Barang

Jika Anda datang ke suatu daerah atau tempat yang ekonominya di bawah, jangan gunakan barang berharga misalnya perhiasan. Sebaiknya tinggalkan perhiasan di tas atau di tempat Anda menginap. Bahkan sebaiknya Anda tidak membawa perhiasan saat traveling.

Jangan Meninggalkan Barang di Tempat Umum

Tips traveling yang penting lainnya agar terhindar dari kehilangan barang adalah jangan  pernah meninggalkan barang di tempat umum walaupun hanya beberapa detik. Jika Anda sedang makan di restoran pastikan tas/ ransel ada didekat Anda atau kaikan tas di kaki atau kursi.

Cari Asuransi Perjalanan

Tips  traveling yang tidak kalah penting adalah asuransi perjalanan. Dengan memiliki asuransi jika Anda terluka atau sakit, perusahaan asuransi bisa mengcover biaya kesehatan.

Be Sociable, Share!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *