Tips Traveling Ke Luar Negeri Bagi Pemula

Jalan-jalan pertama kali keluar negeri bisa membuat perasaan tidak menentu, antara senang sekaligus was-was takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jalan-jalan keluar negeri membutuhkan persiapan yang lebih matang dibandingkan jalan-jalan di negeri sendiri. Berikut adalah tips traveling keluar negeri bagi yang baru pertama kali.

  • Tukar Mata Uang

Sebelum pergi tukarkan uang rupiah ke mata uang negara yang akan dituju. Sebaiknya menukarkan mata uang jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Anda bisa menukar uang rupiah ke mata uang negara lain ke money changer yang ada di kota Anda, bisa dengan uang nominal kecil atau koin.

Yang perlu Anda ketahui uang koin atau nominal di luar negeri lebih berguna dibandingkan uang dengan nominal besar. Untuk berjaga-jaga pisahkan atau selipkan uang di tempat terpisah.

  • Cek Cuaca

Di negara Indonesia kita hanya mengenal dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim panas. Berbeda dengan negara di luar negeri, misalnya di beberapa negara Eropa ada yang memiliki sampai empat musim.

Mengecek cuaca sebelum berangkat bisa memperkirakan jenis baju apa yang harus dibawa. Misalnya jika sedang musim dingin Anda bisa mempersiapkan pakaian yang bahannya tebal dan jika musim panas Anda bisa menggunakan pakaian tipis yang nyaman saat digunakan.

  • Pelajari Bahasa dan Budaya

Mempelajari bahasa asing adalah salah satu modal yang harus Anda kuasai. Bahasa merupakan media untuk melakukan komunikasi dan interaksi. Mininal sebelum berangkat  Anda mempelajari beberapa kata dasar yang biasa digunakan bercakap sehari-hari.

Selain bahasa pelajari budaya masyarakat setempat. Anda bisa mencari tahu apa kebiasaan, apa yang dilarang dan dibolehkan. Karena setiap negara / daerah memiliki budaya atau kebiasaan yang berbeda-beda.

Baca Juga : TIPS LIBURAN UNTUK REMAJA ANTI GALAU

  • Mencatat Alamat, No Telepon Penting

Banyak beberapa hal yang harus Anda ketahui, misalnya: alamat penginapan, transportasi, tempat wisata, lokasi stasiun, alamat KBRI dsb. Catat semua di buku catatan kecil. Walaupun ada ponsel, mencatat di kertas dilakukan untuk berjaga-jaga jika ada kejadian yang tidak terduga. Misalnya baterai handphone habis dsb. Jangan lupa untuk mencatat nomor-nomor telepon dan alamt penting.

  • Matikan Paket Data Internet

Tips traveling terakhir yang tidak kalah penting namun kadang terlupakan yaitu mematikan biaya paket data internet karena saat Anda sudah di luar negeri biaya paket menjadi lebih mahal. Anda bisa mengganti SIM card dengan SIM card lokal saat sampai di negara tujuan. Atau bisa juga dengan memanfaatkan fasilitas wifi.

Itulah beberapa tips traveling yang harus disiapkan jika Anda baru pertama kali pergi keluar negeri. Apabila planning dan persiapan dilakukan dengan matang, niscaya liburan bisa berlangsung sesuai dengan yang diharapkan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *