Tips Wisata Hemat dan Menyenangkan

Setiap orang membutuhkan liburan untuk merefresh otaknya. Tanpa liburan atau berwisata, seseorang akan lebih mudah stress dan suntuk. Fungsi liburan tidak ubahnya seperti mencharge baterai handphone yang sedang lowbatt. Seseorang yang terus-menerus bekerja atau menghadapi rutinitas dan kegiatan yang sama tentu di suatu titik akan merasa lelah. Di saat seperti itulah liburan perlu dilakukan. Namun, banyak orang yang enggan berlibur atau berwisata karena beranggapan hanya membuang uang dan waktu. Padahal, berwisata tidak melulu harus mengeluarkan uang yang banyak. Berikut ini adalah beberapa tips wisata hemat dan menyenangkan.

  • Mensurvey Tempat Tujuan

Sebelum memutuskan mengunjungi suatu tempat untuk tujuan wisata, ada baiknya mensrvey tempat tujuan tersebut terlebih dahulu. Survey bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Survey lokasi sangat penting dilakukan karena: pertama, bisa mengetahui jarak dan akses menuju lokasi; kedua, bisa menentukan budjet dan memiliki pandangan awal tentang beaya akomodasi yang harus dikeluarkan; ketiga, mengetahui kondisi tempat tujuan agar tidak kecewa setelah terlanjur tiba di lokasi. Dengan mensurvey tempat lokasi tujuan, kita juga bisa memperoleh informasi tentang jalur yang dianjurkan dan pantangan yang sebaiknya kita hindari.

  • Merencanakan Liburan dengan Matang

Liburan harus direncanakan dengan matang sejak jauh-jauh hari, baik dari segi waktu maupun tempat tujuan. Merencanakan liburan merupakan tips wisata yang sangat dianjurkan. Dengan merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari, kita bisa memesan tiket dengan harga yang jauh lebih murah, dan bahkan bisa mendapatkan harga promo. Berbeda halnya jika kita membeli tiket secara dadakan, selain jauh lebih mahal, belum tentu juga kita bisa kebagian kursi.

  • Tidak Bersiwata di Masa Liburan

Ketika masa liburan, tempat wisata publik biasanya akan jauh lebih ramai. Liburan yang sejatinya untuk refreshing menghirup udaran segar dan menenagkan diri di tempat yang masih alami akan sia-sia jika tempat wisata tersebut ramai oleh pengunjung sehingga kita justru bisa stress karena melihat pengunjung yang membludak. Selain itu, di amsa liburan biasanya para agen perjalanan atau para pedagang di lokasi wisata bersepakat untuk menaikkan harga, sehingga berwisata di masa liburan akan cenderung lebih boros.

  • Utamakan Kenyamanan

Tujuan utama berwisata adalah untuk menenangkan diri dan berefreshing dari rutinitas yang membosankan. Usahakan liburan yang dijalani bisa membuat kita nyaman. Hindarilah segala sesuatu yang berpotensi membuat kita stress, misalnya memilih kendaraan umum yang tidak nyaman, memilih penginapan yang tidak nyaman, atau makan di tempat yang tidak menggugah selera. Hemat ketika berwisata memang sangat dianjurkan. Namun jangan sampai niatan untuk berhemat justru akan merusak suasana dan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Itulah beberapa tips wisata hemat dan menyenangkan. Usahakan untuk selalu bersiwata setidaknya dua sekali setahun untuk memberikan asupan pada jiwa dan batin kita.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *