Tips Wisata Ke Luar Negeri Bagi Pemula

Bisa menghabiskan liburan ke luar negeri menjadi harapan banyak orang. Bagi pertama kali baru mau ke luar negeri, tentu perasaan senang bercampur dengan khawatir jika ada hal-hal yang tertinggal atau lupa disiapkan. Nah, dalam artikel ini kami akan berbagi tips wisata ke luar negeri, terutama bagi Anda yang baru pertama kali.

Mengurus Surat-Surat Penting

Tips wisata pertama dan yang paling penting adalah tidak boleh lupa adalah mengurus surat-surat yang dibutuhkan, yaitu paspor. Anda bisa membuat paspor jauh sebelum keberangkatan atau sebelum ada rencana berlibur ke luar negeri. Siapa tahu tiba-tiba Anda mendapatkan hadiah atau ada promo tiket murah.

Anda bisa pilih menggunakan paspor biasa atau e-paspor. Biasanya harga pembuatan e-paspor lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa. Harus Anda ketahui paspor hanya bisa digunakan sampai 6 bulan sebelum masa berakhir. Dan perhatikan juga ada beberapa negara yang mewajibkan memiliki visa untuk masuk ke negaranya. Cara mendapatkan visa adalah di kantor kedutaan besar negara yang bersangkutan. Atau bisa melalui agen perjalanan, namun pastikan agen yang dipilih memiliki reputasi yang baik.

Booking Tiket Pesawat Dan Hotel

Setelah Anda memiliki paspor, langkah selanjutnya adalah mencari tiket pesawat. Untuk menghemat pengeluaran, bisa mencari tiket pesawat yang memberikan harga promo. Agar lebih praktis, Anda bisa beli tiket untuk pulangnya langsung. Hal ini lebih memudahkan saat Anda diwawancara oleh pihak migrasi jika harus mengurus visa.

Baca Juga: Kumpulan Tips Travelling ke Luar Negeri

Nah, untuk penginapan sebaiknya boking hotel terlebih dulu menggunakan via online. Sekarang sudah banyak situs penjualan hotel online yang terpecaya. Namun pastikan dulu tempat wisata yang akan Anda kunjungi dan pastikan memilih hotel yang tidak terlalu jauh dengan lokasi wisata tersebut.

Menukarkan Mata Uang

Tukarkan mata uang rupiah dengan mata uang negara yang akan Anda tuju. Siapkan sesuai dengan jumlah yang kira-kira Anda butuhkan. Poin ini penting dilakukan bukan hanya untuk menghindari kesulitan mencari money changer, namun karena kurs mata uang rupiah biasanya nilainya lebih rendah di negara yang akan menjadi tujuan wisata. Lebih baik lagi jika Anda membawa mata uang US Dollar sebagai cadangannya.

Mengumpulkan Informasi Tentang Negara Tujuan

Anda perlu mencari tahu beragam hal seputar negara tujuan, contohnya saat Anda berkunjung iklim/ cuacanya seperti apa. Hal ini berhubungan dengan model pakaian yang akan Anda bawa. Cari informasi juga tentang peraturan, budaya dan adat kebiasaan masyarakat negara tersebut.

Persiapkan Barang-Barang Bawaan

Tips wisata terakhir adalah menyiapkan barang-barang yang akan dibawa. Bawa barang secukupnya saja. Agar tidak ada yang tertinggal, buat list nama-nama barang yang harus dibawa, mulai dari peralatan pribadi, obat-obatan, pakaian, peralatan elektronik dsb.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *